Tips & Trik

Resonator Knalpot Mobil : Letak Komponen dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 10 September 2023

Melihat Resonator Knalpot Mobil

Resonator panjang memiliki ukuran yang lebih besar atau lebih panjang dibandingkan dengan resonator pendek. Biasanya juga memiliki tabung atau silinder yang cukup panjang.

Resonator panjang seringkali digunakan untuk meredam suara dengan lebih efektif dan menghasilkan suara knalpot yang lebih halus. Karena panjangnya, resonator ini juga memiliki potensi untuk lebih efektif dalam meredam getaran yang mungkin dihasilkan oleh gas buang.

2. Resonator Pendek

Resonator pendek memiliki ukuran yang lebih pendek daripada resonator panjang. Resonator pendek dapat mengubah karakteristik suara knalpot, tetapi cenderung menghasilkan suara yang lebih keras dan mungkin dengan suara yang lebih tinggi atau nyaring. 

Ini dapat menghasilkan suara yang lebih sporty atau berat. Resonator pendek mungkin memiliki sedikit pengaruh pada efisiensi aliran gas buang, dan dalam beberapa kasus, dapat menghasilkan aliran gas buang yang lebih cepat.

Perbedaan Resonator dan Muffler

Resonator dan muffler merupakan dua komponen yang berbeda pada sistem knalpot mobil. Keduanya juga memiliki fungsi yang berbeda dalam mengelola suara dan gas buang dari mesin mobil. Berikut adalah apa beda muffler dan resonator:

1. Fungsi

Resonator dirancang khusus untuk meredam atau mengubah karakteristik suara yang dihasilkan oleh gas buang mesin. 

Sedangkan muffler, memiliki peran yang lebih luas dalam sistem knalpot. Muffler juga meredam suara, tetapi tugas utamanya adalah meredam tekanan dan dampak yang dihasilkan oleh gas buang saat keluar dari knalpot. 

2. Desain

Baca Juga : Ternyata Ini Masalah yang Sering Terjadi pada Lampu Mobil

Resonator biasanya berbentuk seperti tabung atau silinder dan seringkali terbuat dari bahan yang dirancang untuk meredam suara, seperti serat kaca atau bahan padat lainnya. 

Muffler memiliki desain yang lebih kompleks dan beragam. Muffler menggunakan peredam suara, peredam resonansi, dan saluran berbentuk khusus untuk mengontrol suara dan aliran gas buang. 

3. Letak Komponen

Resonator biasanya terletak di dekat atau antara bagian knalpot dan katalisator atau di antara bagian knalpot dan muffler. Ini umumnya di sebelah atas atau samping dari pipa knalpot utama.

Sedangkan muffler, biasanya terletak di bagian akhir sistem knalpot, dekat dengan ujung knalpot yang keluar. Ini adalah komponen terakhir dalam sistem knalpot sebelum gas buang masuk ke atmosfer.

Tambahan: Knalpot Racing

Knalpot racing adalah salah satu modifikasi populer yang banyak dilakukan pada mobil. Modifikasi ini tidak hanya memberikan tampilan yang lebih menarik, tetapi juga berdampak pada performa dan suara mobil. 

1. Apa Efek Pakai Knalpot Racing pada Mobil

  • Peningkatan Tenaga

Salah satu dampak paling terlihat dari knalpot racing adalah peningkatan tenaga mesin. Dengan aliran gas buang yang lebih lancar, mesin dapat "bernafas" lebih baik, yang dapat meningkatkan tenaga mesin. 

Namun, peningkatan ini mungkin tidak signifikan pada mesin non-turbo.

  • Suara yang Menggelegar
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya