Tips & Trik

Resonator Knalpot Mobil : Letak Komponen dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 10 September 2023

Melihat Resonator Knalpot Mobil

Penempatan resonator knalpot mobil ini dirancang untuk mengurangi kebisingan dan meredam suara yang dihasilkan oleh gas buang mesin sebelum mencapai muffler dan keluar dari knalpot. Fungsi utama resonator knalpot mobil adalah:

  • Meredam Kebisingan

Suara yang dihasilkan oleh mesin dalam bentuk gas buang dapat sangat bising dan tidak nyaman. Resonator bekerja dengan memanfaatkan prinsip resonansi untuk meredam suara tersebut.

Ini membuat suara knalpot mobil lebih halus dan minim getaran yang dapat dirasakan oleh penumpang dan pengemudi.

  • Meningkatkan Kinerja

Selain meredam suara, resonator juga dapat membantu meningkatkan kinerja mesin. 

Dengan mengatur aliran gas buang, resonator dapat membantu menciptakan kondisi yang lebih optimal untuk pembakaran dalam mesin, yang pada akhirnya dapat meningkatkan daya dan efisiensi bahan bakar.

  • Mengurangi Getaran

Getaran yang ditimbulkan oleh mesin dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat berkendara. Resonator membantu meredam getaran ini, sehingga memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.

Harga resonator knalpot mobil di Indonesia dapat bervariasi tergantung pada merek, model, jenis material, dan toko atau bengkel yang Anda kunjungi. 

Baca Juga : 5 Cara Pasang Aki Mobil yang Benar

Harga resonator knalpot mobil di Indonesia berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 2.000.000, tergantung pada merek dan kualitas produk. Produk dari merek terkemuka atau dengan bahan yang lebih berkualitas biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.

Cara Kerja Resonator Knalpot

Resonator bekerja dengan memanfaatkan prinsip resonansi, yaitu suatu sistem yang memiliki frekuensi alami tertentu yang dapat ditingkatkan atau diredam dengan memanipulasi energi yang masuk. 

Dimana letak resonator? Letak resonator knalpot mobil biasanya pada sistem knalpot kendaraan, antara di bagian knalpot dan katalisator (konverter katalitik) atau di antara bagian knalpot dan muffler (peredam suara). 

Letaknya mungkin bervariasi tergantung pada desain dan model kendaraan tertentu. Di beberapa kendaraan, resonator juga dapat terletak di beberapa titik lain dalam sistem knalpot.

Pada resonator knalpot mobil, udara dan gas buang bergerak melalui rongga atau pipa yang dirancang khusus sehingga mereka beresonansi pada frekuensi tertentu. 

Ini menghasilkan perubahan dalam karakteristik suara yang dikeluarkan oleh knalpot, menjadikannya lebih halus dan menyenangkan.

Perbedaan Resonator Panjang dan Pendek

Baik resonator panjang maupun pendek memiliki fungsi dasar yang sama, yaitu mengubah karakteristik suara yang dihasilkan oleh gas buang dari mesin. Namun, panjang resonator dapat memengaruhi bagaimana cara sistem ini melakukan tugasnya.

1. Resonator Panjang

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya