Tips & Trik

Cari Tahu Mengapa Tenaga Mobil Berkurang Saat Dikendarai

PUBLISHED DATE : 09 Januari 2023

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-3-(1).jpg

Apapun jenis mobilnya, baik itu city car atau mobil mpv yang serbaguna tentunya seiring usia pakainya akan mengalami pengurangan tenaga dan juga performa. Apalagi jika tidak dirawat dengan baik. Namun berkurangnya tenaga mobil ternyata tak hanya bisa terjadi pada mobil yang sudah berumur juga. Bahkan mobil-mobil dengan usia muda juga bisa saja terkena mendadak kehilangan tenaganya ketika sedang dikendarai. Apa sebenarnya yang menyebabkan masalah ini terjadi? Simak artikel di bawah ini untuk cari tahu!

  • Penumpukan Karbon Di Ruang Bakar Mesin Mobil

Penyebab utama mobil kurang bertenaga adalah karena terjadinya penumpukan karbon di ruang bakar mesin mobil. Hal ini disebabkan oleh proses pembakaran yang tidak sempurna. Biasanya masalah ini dipicu oleh penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dan berkualitas buruk. Ditambah lagi dengan tumpukan debu dan sisa-sisa oli yang memicu kerak yang kemudian mengendap dan menjadikan ruang bakar kotor. Penumpukan kerak kotoran ini yang menjadikan ruang bakar semakin sempit, sehingga rasio kompresinya meningkat. Jika sudah begini, mesin jadi kurang responsif dan kurang bertenaga.

  • Kerusakan Pada Ring Piston

Penyebab lain dari berkurangnya tenaga pada ring piston adalah terjadinya kerusakan pada ring piston. Biasanya kerusakan yang paling umum terjadi akibat ring piston yang aus. Gesekan yang terjadi terus menerus antara dinding silinder dan bagian luar ring piston akan menimbulkan friksi yang lama kelamaan akan memberikan dampak buruk jika dalam waktu lebih dari 5 tahun tidak ada perbaikan maupun penggantian oli pada bagian ini. Karenanya, untuk mengurangi friksi yang membesar, jangan pernah lupa untuk melakukan penggantian oli mesin mobil.

  • Kebocoran Klep Atau Katup

Baca Juga : Ingat, Jangan Asal Pakai Kacamata Hitam Saat Kendarai Motor

Fungsi dari katup atau klep adalah sebagai pintu masuk material (udara dan bensin) dari intake, serta sebagai saluran pintu keluar gas buang dari mesin ke knalpot. Pada mobil keluaran terbaru, biasanya dilengkapi dengan sistem double katup (DOHC) yang berarti terdapat dua buah katup intake dan dua buah katup exhaust dalam satu silinder. Sistem DOHC ini diyakini bisa memperlancar pemasukan dan pengeluaran material terhadap mesin, tetapi jika terjadi kesalahan dalam penyetelan celah katup hal ini malah bisa menjadikan tekanan kompresi mesin jadi menurun dan mobil jadi kurang tenaganya.

  • Kerusakan Kepala Silinder

Mobil yang berkurang tenaganya juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada komponen packing atau gasket. Packing atau gasket kepala silinder berfungsi merapatkan komponen blok silinder dengan head cylinder yang sama-sama berbahan logam. Tanpa gasket, maka akan terjadi kebocoran kompresi pada sambungan ini. Biasanya kerusakan yang sering terjadi adalah komponen yang sobek akibat usia pemakaian. Karenanya, penting bagi Anda untuk memperhatikan masa pakai gasket atau packing. Periksa secara berkala dan segera ganti komponen yang baru jika terdapat kerusakan pada komponen ini. 

  • Seal Busi

Penyebab lainnya mesin mobil kurang bertenaga adalah komponen seal busi yang retak atau robek. Idealnya seal busi harus diganti ketika melakukan penggantian busi. Sebab seal busi sendiri merupakan bagian yang tak terpisahkan dari busi itu sendiri. Kerusakan seal busi bisa terjadi akibat hal-hal sepele, contohnya penggantian busi yang sembarangan. Agar terhindar dari masalah seperti ini, lakukan penggantian busi di bengkel yang terpercaya seperti bengkel resmi Suzuki

Baca Juga : Jelang Musim Hujan, Ini Perlengkapan Berkendara Motor yang Harus Disiapkan

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya