Tips & Trik

Hal-Hal Yang Harus Dihindari Saat Membeli Suku Cadang Mobil

PUBLISHED DATE : 12 Oktober 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SIS-Sept-Blog-9.jpg

Membeli suku cadang mobil memang tidak boleh asal-asalan. Apa lagi di jaman serba mudah seperti ini, tinggal buka situs jual beli beragam pilihan spare part mobil dengan pilihan harga yang bermacam-macam bisa tersedia. 

Namun hati-hati, salah pilih spare part mobil atau suku cadang mobil palsu malah bisa memicu masalah pada mobil Anda. Banyak hal yang perlu Anda hindari saat membeli suku cadang mobil agar tidak salah pilih barang palsu dan juga mendapatkan suku cadang yang tepat sesuai kebutuhan.

Simak tips di bawah ini untuk tahu apa saja yang harus dihindari ketika Anda berniat membeli suku cadang mobil. 

Jangan Asal Murah

Baca Juga : Apa Itu Hidrometer? Ketahui Ini Fungsi & Cara Menggunakannya

Demi menarik minat pembeli biasanya toko-toko akan memberikan promo menarik dengan harga yang miring. Namun sebelum buru-buru membeli suku cadang dengan setengah harga yang ditawarkan, sebaiknya periksa dulu keaslian dan kualitasnya. Lakukan survey harga suku cadang yang Anda ingin beli, jika Anda mendapati suku cadang yang harganya jauh di bawah rata-rata baiknya Anda patut curiga. Lebih baik mengeluarkan harga lebih daripada untuk suku cadang yang palsu dan bisa memicu risiko kerusakan dan tentunya akan memaksa Anda mengeluarkan biaya lebih banyak untuk perbaikan. 

Tidak Memeriksa Nomor Seri

Selain ciri-ciri fisik seperti stiker hologram dan perbedaan kemasan dan juga tekstur, Anda bisa mengidentifikasi suku cadang yang akan dibeli dengan memeriksa nomor serialnya. Seluruh suku cadang telah dilengkapi nomor id khusus yang bisa Anda cocokkan keasliannya. 

Baca Juga : Pentingnya Mengikuti Jarak Aman Berkendara

Jika Anda mendapati spare part mobil memiliki nomor seri yang tidak sesuai, barcode yang bentuknya aneh atau cetakan nomor serial pudar bahkan tidak memiliki nomor seri sama sekali, bisa dipastikan spare part mobil tersebut adalah palsu. 

Memilih Spare Part Mobil Tidak Bergaransi

Pada beberapa kasus, bisa saja suku cadang mobil yang baru Anda beli mengalami kendala dan mendadak tidak berfungsi. Faktor penyebabnya bisa jadi bermacam-macam, entah itu kesalahan jenis, kesalahan saat pemasangan atau memang suku cadang mobil tersebut mendadak rusak. Hal ini wajar terjadi, sehingga penting bagi Anda untuk memilih suku cadang yang bergaransi. Biasanya suku cadang mobil yang memiliki garansi hanyalah suku cadang yang asli saja. Karena itu, pastikan sebelum Anda memilih suku cadang tanyakan juga ke penjual perihal garansinya. 

Baca Juga : Pembersih Jamur Kaca Mobil dan Cara Membersihkannya

Membeli Suku Cadang Di Tempat Yang Tidak Resmi

Seperti yang Anda ketahui, membeli suku cadang di tempat resmi tentunya lebih terjamin keaslian dan kualitasnya. Namun sayangnya, masih banyak dari pemilik mobil yang lebih mementingkan harga murah ketimbang jaminan spare part mobil asli dan bergaransi. Sehingga masih banyak mereka yang membeli suku cadang di tempat yang sembarangan dan belum tentu menjual barang yang benar-benar asli. Padahal selisih harga yang ditawarkan tidak signifikan jika dibandingkan dengan biaya perbaikan ketika mobil mengalami kerusakan nantinya. 

Untuk mendapatkan suku cadang untuk mobil Suzuki kesayangan Anda, pastikan Anda selalu memperhatikan hal-hal yang harus dihindari di atas. Selain itu, percayakan juga penggantian dan pembelian suku cadang hanya di bengkel resmi Suzuki. Cari tahu jenis suku cadang berikut harganya dengan klik ke halaman ini https://www.suzuki.co.id/eparts

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya