Tips & Trik

Rem Cakram Motor: Jenis dan Cara Merawatnya

PUBLISHED DATE : 28 Januari 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/nex_cross1.jpg

Pada rem blong misalnya, berarti ada sebab yang tidak beres sehingga mengakibatkan rem tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Padahal, rem cakram dibentuk untuk kenyamanan pengemudi dalam berkendara dengan disesuaikan oleh kapasitas lajunya. Berkaitan dengan itu, ini penyebab yang mungkin terjadi.

  • Kampas Rem Yang Sudah Aus

Kondisi kampas rem juga dapat menurun seiring dengan lamanya penggunaan. Hal ini perlu diperhatikan oleh pemilik motor. Meskipun tidak menyebabkan hal yang fatal seperti rem blong, tetap saja kampas yang aus akan menurunkan performa rem.

Kampas yang sudah aus menandakan kondisinya sudah tidak maksimal. Sehingga apabila tetap dipaksa dan tidak diganti, justru akan menimbulkan kondisi yang cukup riskan.

  • Selang Rem Bermasalah

Selain kampas, rem cakram sangat dipengaruhi oleh selang remnya. Kondisi selang rem ini akan mempengaruhi daya cepat atau lambatnya rem untuk mencengkeram.

Pengendara yang suka menggunakan kendaraan dengan mode agresif dan cepat, wajib mengenakan selang rem aftermarket yang memiliki kualitas tinggi. Motor yang dikendarai dengan akselerasi tinggi dan high speed membutuhkan performa rem yang lebih baik untuk menjaga keselamatan berkendara.

Selang yang berkualitas tinggi umumnya akan memiliki kemampuan beradaptasi dengan baik dalam kondisi apapun. Ini sangat cocok untuk pengendara yang suka melaju dengan kecepatan tinggi. Untuk pengguna yang suka dengan kecepatan biasa saja, selang yang sesuai standar sudah cukup.

  • Spesifikasi Cairan Rem Yang Tidak Tepat

Cairan untuk rem juga disesuaikan dengan kebiasaan penggunaan motor maupun kecepatannya. Motor dibekali kecepatan tinggi tentu harus dibekali dengan cairan rem yang lebih berkualitas dari motor biasa.

Hal tersebut menunjukkan bahwa cairan rem juga memiliki tingkatan kualitas. Pada intinya, memilih cairan rem yang sesuai dengan jenis rem dan kapasitas kecepatan kendaraan perlu untuk diperhatikan.

Cara Merawat Rem Cakram

Penurunan performa pada motor mungkin saja terjadi karena penggunaannya yang sudah cukup lama. Semakin sering digunakan, maka perlu perhatian lebih dalam merawatnya. Ini berlaku pula untuk rem motor.

Memantau performa rem cakram agar tetap maksimal sangat diperlukan. Beberapa tips sederhana merawat rem cakram motor yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Memperhatikan Kondisi Pemasangan Rem

Agar rem dapat bekerja dengan baik, perlu pemasangan yang tepat sesuai dengan yang disarankan. Bila Anda tak cukup yakin dengan pemasangan yang dilakukan sendiri, maka membawanya ke bengkel resmi Suzuki dapat menjadi solusi terbaik.

  • Cek Minyak Rem Secara Berkala

Minyak rem memiliki peran yang cukup banyak dalam menunjang performa rem cakram. Agar rem cakram dapat difungsikan dengan baik, maka memperhatikan minyak rem wajib dilakukan.

Memeriksa kondisi minyak rem secara berkala dapat menjadi tips merawat rem dengan sederhana. Anda dapat menemukan dengan mudah dan memilih penanganan yang tepat bila dalam pemeriksaan telah menemukan kondisi minyak rem yang tidak baik.

  • Cek Kondisi Selang

Apabila minyak rem sudah berada dalam kondisi baik, maka komponen selanjutnya yang perlu diperiksa adalah kondisi selang. Ini akan mempengaruhi aliran minyak rem ke rem ketika sedang digunakan.

Hindari kebocoran selang agar tidak terjadi ketumpahan minyak rem. Sifat minyak yang licin nantinya pasti akan mempengaruhi kinerja rem cakram.

  • Mengganti Kampas Rem Bila Sudah Aus

Berbicara mengenai rem, sudah pasti bersangkutan dengan gaya gesek. Kinerja rem yang memanfaatkan gaya gesek secara langsung dibantu oleh kampas rem. Bila telah menemukan kondisi kampas yang aus, maka sebaiknya segera menggantinya.

Kampas rem memiliki peluang aus yang tinggi dalam penggunaannya. Maka dari itu, penting sekali menjaga rem agar tidak bergesekan dengan kampas yang aus. Kondisi ausnya kampas, akan membuat rem menjadi lebih licin karena gaya gesek yang ditimbulkan semakin kecil.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya