Tips & Trik

Perlu Tahu, Ini Cara Kerja Kopling Mobil

PUBLISHED DATE : 07 Mei 2021

Cara Kerja Kopling Mobil

Bagian yang fungsinya penekan pressure plate supaya terus menempel pada plat kopling. Ada jenis pegas kopling tipe diafragma ada juga yang tipe coil spring. 

  • Release Lever

Sebuah komponen yang berbentuk plat dan fungsinya untuk mengungkit pressure plate. Tujuannya agar bisa terlepas dari plat kopling.

fungsi_kopling_mobil

Cara Kerja Kopling Mobil Menurut Pengoperasiannya 

Kini Anda sudah tahu secara garis besar apa saja komponen yang akan bekerja nantinya. Masing-masing komponen memiliki peranan penting sehingga cara kerja dari kopling bisa lebih sempurna. 

Berikut ini cara kerja dari kopling yang bisa dilihat dari saat pengoperasiannya.

    1. Kerja Kopling saat Pedal Ditekan

Kopling akan bekerja pertama kali saat Anda menekan pedal kopling. Saat itu dilakukan maka putaran mesin yang menuju transmisi akan terputus. Tekanan langsung dari mesin ke transmisi tidak akan didapatkan. 

Baca Juga : Ketahui, Fungsi Fuel Pressure Regulator & Cara Kerjanya

Bagaimana itu bisa terjadi? Karena pada saat kopling diinjak, maka hidrolik yang terdapat pada kopling akan menciptakan tekanan cairan pada area aktuator hidrolik. Tekanan muncul karena adanya aliran fluida ke release bearing. 

Otomatis release lever akan ditekan yang mengakibatkan pelat pressure terungkit. Nantinya plat kopling yang tadinya terjepit antara flywheel dan plat pressure akan terbebaskan. Celah pun akan muncul. 

Proses inilah yang akan terjadi setelah Anda menekan pedal kopling dan tenaga dari mesin ke transmisi akan terputus. Celah yang muncul ukurannya cenderung kecil namun putaran yang terjadi pada flywheel tidak akan dialirkan ke plat kopling. 

Flywheel tetap berputar beserta cover kopling karena terbebasnya plat kopling. Hanya saja plat kopling dan poros transmisi tidak akan berputar. 

    2. Kerja Kopling saat Pedal Dilepaskan

Cara kerja kopling yang kedua adalah ketika Anda melepaskan pedal kopling. Yang terjadi saat itu adalah liquid aktuator hidrolik akan menghilang. Hal ini membuat release bearing kembali pada posisi awal dan tidak ada tekanan pada release lever. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya