Tips & Trik

Perlu Tahu, Ini Cara Kerja Kopling Mobil

PUBLISHED DATE : 29 Februari 2024

Cara Kerja Kopling Mobil

Kopling mobil baik yang manual maupun otomatis memiliki peranan yang sangat penting. Jika terjadi malfungsi, maka Anda tidak akan bisa mengatur tingkat kecepatan mesinnya. Itu sebabnya, dibutuhkan perawatan secara berkala agar performanya tetap prima. 

Pada dasarnya, fungsi dari kedua jenis kopling tersebut adalah sama, hanya saja terdapat perbedaan pada cara kerjanya. Pada pembahasan kali ini akan mengulas tentang seputar  fungsi dan komponen kopling pada mobil manual serta cara kerjanya. Berikut informasinya. 

Mengenal Fungsi Komponen Kopling Mobil

Baca Juga : Intip Perbedaan Mekanisme Katup OHV, SOHC dan DOHC

Meskipun terlihat kecil, namun komponen ini memiliki fungsi yang cukup penting bagi kendaraan. Pada kendaraan dengan transmisi manual, kopling memiliki beberapa fungsi, antara lain: 

  1. Menyambung dan memutus daya mesin pada roda lewat transmisi. 
  2. Mengangkat mesin pada saat mobil akan bergerak sehingga pergerakan kendaraan terasa lebih halus dan lancar. 
  3. Memudahkan pengemudi ketika akan melakukan perpindahan gigi pada saat kendaraan sedang melaju. 
  4. Menghentikan laju kendaraan tanpa perlu mematikan mesin terlebih dahulu, misalnya saat berada di lampu merah atau jalanan yang macet. 
  5. Menunjang performa kendaraan dalam hal proses pengereman sehingga bekerja secara optimal melalui engine brake, terutama ketika harus menghentikan laju kendaraan secara mendadak. 

Komponen Kopling 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya