Tips & Trik

Peralatan yang Harus Ada di Kamar Mesin Kapal

PUBLISHED DATE : 15 September 2023

Kamar Mesin Kapal

Pemantau kebocoran merupakan perangkat krusial dalam industri mesin dan teknik. Pemantau kebocoran mendeteksi kebocoran fluida, seperti bahan bakar atau pelumas, yang bisa menjadi tanda peringatan awal masalah di kamar mesin-mesin kapal.

Kebocoran fluida dapat menjadi isyarat penting terhadap masalah potensial, seperti keausan komponen, kebocoran tangki, atau kerusakan sistem. 

Pemantau kebocoran membantu mengidentifikasi kebocoran sejak dini, memungkinkan tindakan perbaikan sebelum kerusakan lebih lanjut atau bahkan insiden yang lebih serius terjadi. 

Hal ini tidak hanya menghemat biaya pemeliharaan, tetapi juga berperan dalam menjaga keamanan dan kinerja sistem. Pemantau kebocoran memiliki peran penting dalam menjaga integritas dan operasi yang lancar dari berbagai sistem teknik.

Peralatan Pemadam Kebakaran

1. Alat Pemadam Kebakaran

Peralatan yang harus ada di kamar mesin kapal adalah peralatan pemadam kebakaran. Hal ini termasuk tabung pemadam kebakaran, selang, dan alat pelindung diri. Keamanan adalah prioritas utama, dan peralatan ini adalah aset berharga dalam menghadapi situasi darurat.

Baca Juga : Kunci Mobil Tertinggal di Dalam? Jangan Panik, Ini Cara Mengambilnya

Pemahaman akan pentingnya peralatan pemadam kebakaran yang sesuai di kapal sangatlah krusial dalam industri maritim. 

Kapal harus dilengkapi dengan peralatan pemadam kebakaran yang memadai untuk menghadapi situasi darurat, mengingat lingkungan yang penuh risiko dan keterbatasan akses ke bantuan luar di tengah laut.

Selain itu, kapal-kapal yang lebih besar juga harus memiliki sistem pemadam kebakaran otomatis yang dapat mengatasi situasi darurat secara otomatis jika diperlukan.

2. Alat Kesehatan

Ada beberapa alat kesehatan di kamar mesin kapal yang harus tersedia untuk mengatasi situasi darurat kesehatan atau kecelakaan yang mungkin terjadi saat berlayar di tengah laut. 

  • Kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan).
  • Defibrilator Otomatis Eksternal (AED).
  • Obat-obatan Darurat, seperti analgesik, antihistamin, antiemetik (untuk mencegah mual dan muntah), dan obat-obatan lainnya yang diperlukan untuk mengatasi kondisi kesehatan akut.
  • Tabung Oksigen Medis.
  • Telepon Darurat.
  • Petunjuk Pertolongan Pertama.
  • Bantuan Medis Dari Jarak Jauh
  • Perlengkapan Perlindungan Diri

Alat Pembersih dan Peralatan Lainnya

1. Alat Pembersih

Kamar mesin kapal seringkali penuh dengan kotoran dan minyak. Alat pembersih, seperti penyedot debu industri dan lap khusus, merupakan peralatan yang harus ada di kamar mesin kapal untuk menjaga kebersihan dan mencegah kebakaran.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Mobil Tua

Tips agar Mobil Tua Tetap Tangguh

Mobil tua membutuhkan perawatan khusus agar tetap awet dan prima, serta tetap bisa beroperasi dengan baik di jalan. Dengan mengikuti tips perawatan yang tepat, kendaraan kesayangan...

selengkapnya