Tips & Trik

Penyebab Karburator Motor Nembak & Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 06 Januari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/112904085_s.jpg

Kerusakan pada skep ini menjadi penyebab karburator motor nembak yang tentu harus segera diatasi. Dampaknya juga bisa berpengaruh pada suplai bahan bakar yang berlebihan dan motor menjadi boros. 

Cara Mencegah Masalah Karburator Nembak

156017015_s

Supaya karburator tidak nembak, ada beberapa cara untuk mencegahnya yang bisa Anda lakukan. Pencegahan ini bisa dilakukan dengan memastikan prinsip kerja karburator bekerja dengan baik. 

Prinsipnya sendiri adalah semakin cepat udara bergerak maka tekanan statis semakin kecil sehingga tekanan dinamis semakin tinggi. Untuk menerapkan prinsip ini ada tiga hal mengenai aliran karburator yang haru diperhatikan sebagai berikut:

  1. Aliran datar atau side draft merupakan udara yang masuk dari bagian samping dan akan mengalir dengan arah mendatar dan keluar ke sisi sebelah karburator. 
  2. Aliran turun atau downdraft merupakan udara yang masuk dari atas karburator dan akan keluar ke bagian bawah karburator. 
  3. Aliran naik atau up draft merupakan udara yang masuk dari bawah karburator dan akan keluar melalui bagian atas. 

Apabila aliran ini berjalan dengan baik maka penyebab karburator motor nembak karena udara tidak akan terjadi. 

Cara Mengatasi Karburator Motor Nembak 

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan pengendara ketika karburator motor tiba-tiba nembak saat berada di perjalanan? Anda yang mungkin saja bingung karena masalah ini bisa mengatasinya dengan beberapa cara sebagai berikut ini. 

  1. Mengecek Kondisi Karburator 

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek kondisi karburator khususnya bagan pilot screw atau setelan angin karburator. Apabila sebelumnya komponen ini disetel sendiri maka bisa jadi penyebab utama yang bisa di cek. 

Anda bisa mencoba menyetelnya kembali dari 2,5 sampai 3 putaran penuh untuk memperoleh setelan yang tepat. Namun jika belum, Anda bisa menyetelnya kembali sesuai dengan kondisi mesin. 

    2. Mengecek Filter Udara 

Pengecekan selanjutnya bisa dilakukan di bagian filter udara. Cek apakah kondisi filter udara masih bagus untuk menyaring udara atau sudah kotor. Pastikan bahwa filter udara ini rutin diganti sehingga udara yang masuk bersih dan cukup. 

Penggantian filter udara ini biasanya dilakukan ketika mencapai 15.000 km. Bahkan beberapa jenis motor ada yang disarankan untuk rutin mengganti filter udara, bukan 

sekedar membersihkannya saja. 

    3. Mengecek Kondisi Busi 

Penyebab karburator motor nembak yang berasal dari busi tentu harus di cek terlebih dahulu. Apabila kondisinya sudah tidak bagus sebaiknya Anda menggantinya. Penggantian busi juga sebaiknya dilakukan usai 6.000 km. 

    4. Mengecek Kondisi Selang BBM 

Suplai bahan bakar sesuai dengan volumenya sangat dibutuhkan agar pembakaran dan tenaga berhasil dengan baik. Anda bisa mengecek juga selang bensin dari bagian tangki ke mesin. 

Pastikan tidak ada kebocoran sedikitpun atau kerusakan. Jika iya, maka segera ganti dengan selang yang baru. 

    5. Mengecek Knalpot 

Anda yang sudah mengecek keempat hal di atas dan tidak terjadi masalah, maka coba untuk melihat ke bagian knalpot. Bisa jadi masalahnya justru berasal dari knalpot. Baik itu karena salah pemasangan atau kebocoran. 

Knalpot yang sudah tidak bisa dipakai juga akan mengalami masalah muncul suara kencang ketika digunakan. 

Baik itu penyebab karburator motor nembak diketahui setelah dicek atau tidak, cara mengatasi paling aman adalah dengan datang ke bengkel resmi 2W Suzuki terdekat. 

Sepeda motor yang bermasalah pun akan segera diperbaiki oleh teknisi profesional dari Suzuki. 

 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya