Tips & Trik

Penyebab Karat Pada Knalpot dan Cara Hilangkannya

PUBLISHED DATE : 10 Januari 2022

107835276 S (1)

Tunggu beberapa saat agar bahan bekerja untuk mengangkat karat.  Setelah itu bersihkan menggunakan kain kering. Jika masih ada noda karat, Anda bisa mengulangi aplikasinya kembali.

    2. Minuman Bersoda

Masih dengan bahan yang mudah digunakan. Anda dapat memanfaatkan minuman bersoda yang dijual di pasaran. Minuman bersoda mengandung karbon dioksida yang mampu merontokan karat di leher knalpot.

Meskipun bentuknya cair namun tidak akan membuat karat semakin banyak. Cara menggunakannya adalah dengan langsung menuangkannya ke area berkarat. Tunggu agar minuman bereaksi selama 15 menit.

Baru setelah itu bersihkan dengan air dan lihat apakah karat sudah hilang. Jika belum, tuangkan minuman bersoda kembali dan tunggu sebentar kemudian gunakan sikat gigi dan sikat karat sampai hilang.

Tuangkan air kembali dan bersihkan dengan kain kering. Lap sampai permukaan knalpot tidak basah.

    3. Pasta Gigi

Anda ternyata juga bisa memanfaatkan pasta gigi yang berfungsi untuk memutihkan gigi ini. Kamu bisa menghilangkan karat secara langsung, termasuk pada benda stainless steel lainnya.

Baca Juga : Busi Racing untuk Mobil yang Dipakai Harian, Amankah?

Bentuknya yang pasta membuatnya lebih mudah digunakan dibandingkan minuman bersoda. Cara menghilangkan karat pada knalpot menggunakan pasta gigi adalah dengan mengoleskan langsung ke area berkarat.

Kemudian tunggu 10 menit dan gunakan sikat gigi untuk mengangkat karat. Kemudian lap permukaannya hingga bersih. Karat tidak akan bersisa jika Anda langsung menggunakannya saat jumlahnya masih sedikit.

    4. Pembersih Porselen

Anda yang berada di rumah pasti memiliki bahan pembersih keramik atau porselen. Bahan kimia ini tidak hanya bisa membersihkan porselen tetapi juga menghilangkan karat di knalpot.

Cairan pembersih ini juga sangat mudah ditemukan di toko kelontong terdekat. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama tuang cairan ini ke permukaan knalpot berkarat.

Anda juga bisa mengoleskannya dengan kuas atau kain. Biarkan cairan pembersih ini bekerja selama beberapa menit. Tanpa harus disikat lap menggunakan kain atau siram terlebih dahulu dengan air.

    5. Oli Gemuk (Stempet)

Cara menghilangkan karat pada knalpot yang kelima adalah memanfaatkan oli gemuk. Bahan ini biasanya digunakan untuk melumasi beberapa bagian motor seperti komstir.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya