Tips & Trik

Penyebab Karat Pada Knalpot dan Cara Hilangkannya

PUBLISHED DATE : 10 Januari 2022

107835276 S (1)

Oli gemuk atau stempet ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat. Apabila Anda memiliki bahannya di rumah akan lebih mudah menggunakannya. Selain karat, oli gemuk juga bisa mengangkat kerak membandel pada beberapa bagian motor.

Cara menggunakannya adalah dengan memanaskan kendaraan terlebih dahulu. Setelah itu knalpot yang masih panas bisa dioleskan oli gemuk ini. Diamkan sampai karat dan oli meleleh bersamaan.

    6. Menggunakan Bensin

Kendaraan Anda menggunakan bahan bakar dengan RON tinggi seperti RON 98?. Bahan bakar ini juga bisa digunakan untuk merontokan karat di knalpot kendaraan. Anda tinggal mengambilnya dari tangki bensin.

Proses penggunaannya sendiri sangat mudah, usai mengambil bensin Anda bisa mengoleskannya pada karat di knalpot. Setelah itu diamkan beberapa menit maka karat akan mulai rontok sendiri.

Khusus karat yang cukup banyak dan membandel Anda bisa menyikat knalpot. Gunakan sikat kawat yang berukuran kecil dan gosok sampai karat hilang.

    7. Oli Bekas

Masih saja gagal menggunakan keenam cara di atas? Masih ada alternatif lainnya yaitu dengan menggunakan oli bekas. Jika Anda selesai servis, mintalah kepada teknisi untuk menyimpan sedikit oil bekas.

Baca Juga : Mudah, Ini Tips Mengatasi Piringan Cakram Motor Yang Macet

Anda bisa menyimpannya di rumah kemudian menggunakannya untuk membersihkan karat. Cara menggunakannya tidak jauh berbeda ketika menggunakan oli gemuk.

Panaskan kendaraan baru oleskan oli bekas pada knalpot yang panas. Maka karat akan rontok dengan oli yang semakin cair.

    8. Krim Pembersih Karat

Cara terakhir adalah dengan membeli krim khusus pembersih karat. Hanya saja cara menggunakannya melalui beberapa tahapan. Pertama lepaskan knalpot dari kendaraan.

Kemudian Anda bisa mengamplas permukaan yang berkarat hingga bersih. Anda bisa menuang air sehingga terlihat tingkat kebersihannya. Keringkan knalpot dan setelah itu baru oleskan dengan krim penghilang karat.

Setelah itu siram knalpot dengan bensin dan lihat apakah karat sudah hilang. Jika belum ulangi aplikasi krim dan bersihkan dengan bensin. Baru setelah itu pasang knalpot kembali.

Semua cara menghilangkan karat pada knalpot ini bisa Anda coba sendiri di rumah dengan mudah. Bahan-bahannya pun tidak sulit untuk didapatkan. Pastikan Anda terus menjaga kebersihan knalpot agar karat tidak kembali muncul.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya