Tips & Trik

Penting, Kenali Proses Balancing Ban Motor dan Caranya

PUBLISHED DATE : 12 September 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/133278197_s2.jpg

Alat tersebut akan menunjukkan titik di mana ban harus diseimbangkan. Setelah titik ditemukan, mekanik akan menyeimbangkannya dengan cara memberi pemberat pada sisi yang tidak stabil.

Cara lain untuk balancing ban yaitu dengan melibatkan komponen lainnya seperti diameter velg, jarak velg dengan sumbu roda, dan lebar velg. Caranya yaitu ukur 3 komponen tersebut sebelum memasukkan ban ke mesin balancing.

Kemudian, masukkan ban dan ukuran dari 3 komponen di atas pada mesin balancing, lalu putar roda untuk beberapa saat.

Nantinya mesin balancing akan menunjukkan titik mana yang perlu dilakukan balancing. Kemudian, berikan pemberat atau timah hingga ban stabil lagi.

Penambahan pemberat disesuaikan dengan kebutuhan ban pada mesin balancing. Setelah ditambahkan pemberat, putar kembali ban untuk melihat kembali angka yang tertera pada mesin balancing. Ban yang sudah stabil akan menunjukkan angka 0 (nol) dan proses balancing selesai.

Tips Memilih Ban untuk Harian

Tips memilih ban yang cocok untuk harian yaitu membeli ban dengan ukuran yang sama atau maksimal naik satu.

Ban yang lebih besar dengan ban standarnya akan lebih nyaman dan stabil. Menaikkan satu ukuran ban juga dapat meredam getaran saat berkendara.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih ban yang cocok untuk harian yaitu tekstur ban dan kompon yang digunakan.

Ban yang digunakan untuk harian cukup dengan kompon reguler yang sudah beredar di pasaran sesuai dengan ukuran dan kegunaannya.

Ban reguler mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan ban kompon reguler yaitu menggunakan kombinasi medium to hard, sehingga lebih awet dan masa pakainya panjang. Kekurangan ban ini yaitu penggunaanya yang tidak sebaik ban kompon intermediate.

Ban kompon intermediate menggunakan kombinasi medium to soft. Bagi Anda yang ingin berkendara dengan stabil dan nyaman, sebaiknya memilih ban kompon intermediate. Namun, ban kompon intermediate masa pakainya tidak seawet ban kompon reguler.

Untuk penggunaan harian, Anda memilih ban motor tubeless karena memiliki beberapa keuntungan.

Keuntungan menggunakan ban tubeless yaitu lebih praktis karena tidak langsung bocor apabila terkena paku, mudah ditambal, dan mampu meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

Pemilihan ban yang sudah sesuai harus diimbangi dengan perawatannya. Lakukan balancing ban secara rutin di bengkel resmi Suzuki agar hasilnya lebih maksimal.

Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan kendaraan lainnya bisa datang ke bengkel motor Suzuki resmi terdekat.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya