Tips & Trik

Kondisi Mesin Mobil Bisa Dicek Sendiri. Begini Caranya

PUBLISHED DATE : 07 Oktober 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Kondisi-Mesin-Mobil-Bisa-Dicek-Sendiri-Begini-Caranya.png

Mengisi hari libur di akhir pekan bisa dilakukan dengan banyak cara dan salah satunya adalah mengecek kondisi mobil kesayangan agar selalu prima untuk dikendarai sehari-hari. Tanpa harus ke bengkel, pengecekan ringan sebenarnya bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Bagaimana caranya?

Kondisi mobil yang prima akan memberikan performa baik serta konsumsi bahan bakar yang hemat. Nah, hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengecek kondisi mobil Anda adalah  mengecek kondisi cairan dan pelumasan pada mobil. Pengecekan ini bisa dengan cara memantau oli mesin lewat dipstick, atau melihat reservoir radiator dan minyak rem. Jika tampak berkurang, berada di bawah indikator, cukup Anda tambahkan saja dan tidak perlu diganti semuanya. Kenapa? Karena penggantian harus mengikuti jarak tempuh pemakaian.

Baca Juga : Jenis-Jenis Pintu Mobil Yang Ada Saat Ini

Pemeriksaan selanjutnya adalah memantau panel-panel indikator di sekitar speedometer. Kalau ada sesuatu yang bermasalah pada mobil biasanya akan ditandai dengan lampu indikator yang menyala. Selain memantau indikator di layar spidometer atau di sekitar dasbor, Anda juga sebaiknya mendengarkan langsung suara mesin ketika dinyalakan.

Suara mesin yang masih halus menandakan mobil berada dalam keadaan yang baik, tapi jika ada suara-suara aneh yang muncul, atau cenderung menjadi lebih kasar, mungkin saja ada komponen mesin yang bermasalah. Jika memang demikian mobil harus segera dibawa ke bengkel resmi Suzuki untuk diperiksa langsung kondisinya oleh mekanik handal Suzuki.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Baca Juga : Mengenal Fungsi Defogger pada Mobil

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya