Tips & Trik

Penting, Kenali Proses Balancing Ban Motor dan Caranya

PUBLISHED DATE : 12 September 2019

133278197 S2

Balancing juga diartikan sebagai proses menyamakan berat dari semua sisi ban sehingga dapat berputar dengan seimbang dan tidak berat sebelah. Proses penyeimbangan ban biasanya dilakukan dengan menambahkan pemberat yang biasanya menggunakan besi kecil atau timah.

Pentingnya Balancing Ban di Motor Harian

Tidak semua titik memiliki berat yang sama pada lingkaran ban, sehingga balancing ban penting untuk dilakukan agar seimbang. Ban motor yang digunakan harian juga membutuhkan balancing ban agar lebih nyaman digunakan untuk sehari-hari.

Motor yang tidak melakukan balancing akan menyebabkan ban bergetar berlebihan dan tidak stabil ketika dalam kecepatan tinggi, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara.

Selain itu, kondisi motor yang tidak stabil juga akan membahayakan pengemudi saat berkendara.

Ban yang tidak seimbang juga akan menyebabkan suhu ban menjadi cepat panas. Hal ini diakibatkan karena adanya bagian yang lebih berat saat berputar.

Ban yang tidak seimbang akan menyebabkan leher ban cepat rusak dan menimbulkan aus pada ban motor. 

Balancing ban motor sangat diperlukan untuk motor, terutama pada motor yang memakai velg lebar seperti motor sport, matic 150 cc keatas, hingga motor gede. 

Baca Juga : Ternyata Ini Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Tujuan Balancing Ban

Balancing ban bertujuan untuk mencari titik keseimbangan pada kendaraan, utamanya pada motor.

Balancing dilakukan untuk memastikan agar ban motor seimbang antara titik pusat dengan rodanya. Selain itu, balancing digunakan untuk menyeimbangkan kedua sisi ban.

Balancing ban juga dilakukan untuk mencegah karet bundar habis pada sebagian sisinya. Perawatan balancing akan berpengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan berkendara.

Ciri-ciri Motor yang Perlu Balancing Ban

Cici-ciri motor yang memerlukan balancing yaitu setir kendaraan bergetar saat digunakan dan setir menjadi lebih berat dibandingkan dengan biasanya.

Ciri lainnya yaitu hilangnya keseimbangan saat berkendara. Ciri-ciri tersebut menunjukkan bahwa ban sudah tidak balance lagi.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya