Tips & Trik

Apa Itu Knocking Pada Mesin? Ketahui Ini Penyebabnya

PUBLISHED DATE : 16 Oktober 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/21__Scroos_(2).jpg

Istilah knocking mungkin sudah tidak asing lagi di antara pengemudi kendaraan roda empat. Secara umum knocking adalah istilah yang digunakan pada saat muncul bunyi seperti ketukan pada mesin. 

Apabila Anda mengendarai mobil yang berbunyi dan membiarkannya saja dapat berakibat buruk pada komponen mesin. Selain itu bunyi tersebut juga cukup mengganggu ketika mobil berjalan. 

Kenali lebih lanjut mengenai knocking serta penyebab dan cara yang baik untuk mengatasinya. 

Baca Juga : Begini Cara Mengetahui Mobil yang Pernah Terendam Banjir

Pengertian Istilah Knocking pada Mesin 

Munculnya suara ketukan pada bagian mesin ini bersumber pada ruang bakar. Pada saat pembakaran yang terjadi antara bahan bakar dan udara tidak sempurna maka akan menciptakan ledakan bola api. 

Ledakan tersebut juga disertai dengan getaran. Abnormalnya pembakaran ini bisa terjadi ketika bahan bakar dan udara yang masuk mengalami pembakaran secara prematur bahkan sebelum busi memercik. 

Baca Juga : Gak Cuma Bikin Cantik, Ini Fungsi Spoiler Mobil

Kondisi yang terjadi ini disebut juga dengan misfire. Saat detonasi dini komponen internal mesin seperti stang piston dan piston akan menimbulkan getaran. Apabila Anda membiarkannya terjadi terus menerus, maka akan terjadi keausan pada bearing stang piston. 

Pergerakan pada piston pun akan terganggu dan mesin tidak bekerja secara efisien kembali. Tidak heran ketika knocking terjadi dan dibiarkan, maka akselerasi mesin menurun. 

Knocking adalah masalah serius yang tidak boleh dianggap sepele. Anda sebagai pemilik kendaraan harus segera mengenali apa yang menyebabkannya muncul. 

Baca Juga : Cek Berkala Kaki-Kaki Mobil Usai Perjalanan Jauh

Penyebab Knocking pada Mesin dan Cara Mengatasinya

Knocking tidak terjadi begitu saja, ada beberapa hal yang menyebabkan timbulnya suara ketukan dari dalam mesin. Penyebab ini juga bukan dari cara berkendara, melainkan perawatan mobil yang salah. 

Kendaraan perlu perawatan agar komponen yang membangunnya bisa bekerja dengan lebih maksimal. Oli perlu diganti dan beberapa komponen lain juga perlu dibersihkan. 

Penyebab terjadinya knocking pada mesin adalah karena beberapa hal yang dianggap sepele berikut ini. 

  • Penggunaan Bahan Bakar dengan Oktan Rendah

Setiap kendaraan memiliki jenis bahan bakar yang disarankan. Anda bisa mengetahui jenis bahan bakar apa yang terbaik sesuai mesin kendaraan pada bagian tutup tangki bensin. 

Kendaraan di Indonesia biasanya disarankan menggunakan bahan bakar dengan oktan 90 ke atas, contohnya saja pertamax. Anda mungkin telah menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah supaya lebih menghemat kantong. 

Uang bisa dihemat pada awal-awal penggunaan kendaraan, namun jika knocking adalah masalah yang mulai muncul dan terjadi berkelanjutan, pengeluaran justru semakin banyak. Mobil mungkin perlu bolak balik bengkel untuk diservis dan diperbaiki. 

Belum lagi jika salah satu komponen sudah mengalami kerusakan, maka Anda harus mengganti dengan yang baru. Setiap mesin mobil memiliki rasio kompresi yang berbeda-beda. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya