Tips & Trik

Panduan Praktis: Memilih Pelumas Rem yang Tepat

PUBLISHED DATE : 30 Juli 2023

Pelumas Rem

Selanjutnya Anda tinggal mencari pelumas rem dengan kode yang sesuai. Pastikan untuk tidak memilih produk yang salah agar performa rem mobil selalu terjaga dengan baik. 

 

  • Perhatikan Kandungan Pelumas

 

Tips memilih pelumas rem berikutnya adalah perhatikan setiap kandungan yang ada pada produk tersebut. Tentu setiap jenis produk memiliki kandungan bahan yang berbeda-beda dan hal ini sebaiknya ikut dipertimbangkan. 

Umumnya kandungan di dalam minyak atau pelumas rem ada dua jenis yaitu silicone based dan glycol based. Glycol based biasanya mengandung glycol ester, synthetic oil, dan mineral oil

Sementara itu silicone based mengandung silikon sebagai bahan utamanya. Perbedaan kandungan atau bahan ini juga akan berpengaruh pada performa dan pastinya memiliki efektivitas yang berbeda. 

Dalam hal ini, Anda perlu melihat kembali produk pelumas rem seperti apa yang memang disarankan pabrik. Anda kemudian bisa menyesuaikannya dengan setiap kandungan bahan yang ada pada produk pelumas rem. 

Baca Juga : Memahami Fungsi dan Arti Dibalik Rack Steer pada Kendaraan

 

  • Konsultasikan dengan Mekanik

 

Tips memilih pelumas rem yang paling mudah untuk dilakukan adalah berkonsultasi dengan mekanik. Jika memang sudah waktunya mengganti pelumas atau minyak rem maka Anda bisa datang ke mekanik terpercaya. 

Konsultasikan dulu kepada mereka, jenis minyak atau pelumas rem seperti apa yang sesuai dengan tipe mobil Anda. Ini bisa jadi solusi terbaik apabila Anda malas atau tidak punya waktu untuk membaca manual book

Sebaiknya Anda pilih bengkel dengan mekanik yang sudah berpengalaman. Tentu akan jauh lebih baik jika Anda datang langsung ke bengkel resmi sehingga mekanik yang bekerja benar-benar paham dengan tipe mobil Anda. 

Mekanik yang berpengalaman akan memilih produk pelumas rem yang tepat dan melakukan penggantian pelumas dengan cara yang benar. Hal ini tentu saja akan menguntungkan Anda sebagai pemilik mobil. 

Bahaya Salah Pilih Pelumas Rem

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya