Tips & Trik

Panduan Praktis: Memilih Pelumas Rem yang Tepat

PUBLISHED DATE : 30 Juli 2023

Pelumas Rem

 

  • Baca Manual Book

 

Tips memilih pelumas rem pertama yang bisa Anda lakukan adalah membaca manual book. Setiap tipe mobil pasti akan memiliki spesifikasi yang berbeda dan jenis pelumas rem yang dipakai juga bisa saja tidak sama. 

Informasi mengenai jenis pelumas rem yang cocok untuk dipakai oleh mobil Anda bisa dilihat langsung lewat manual book atau buku panduan. Jika Anda mengikuti panduan atau rekomendasi pada manual book, pasti akan aman. 

Di buku panduan tersebut Anda bisa mencari tahu jenis pelumas rem seperti apa yang cocok untuk dipakai. Langkah ini jauh lebih aman karena pelumas rem yang direkomendasikan di buku panduan sudah sesuai anjuran pabrik. 

Sebenarnya perawatan mobil memang akan jadi jauh lebih mudah jika Anda selalu menggunakan acuan manual book. Di sana semua informasi tentang mobil sudah lengkap termasuk produk apa saja yang direkomendasikan. 

 

  • Cek Kode Standar Internasional

Baca Juga : Wajib Tahu! 5 Syarat Kredit Mobil

 

Selanjutnya Anda perlu mengecek kode standar internasional yang dimiliki oleh produk pelumas tersebut. Penting untuk diketahui bahwa setiap produk pelumas rem memiliki kode standar yang berbeda. 

Kode yang digunakan adalah DOT atau Department of Transportation. Biasanya ada kode DOT 3, DOT 4, dan DOT 5. Poin yang membedakan setiap kode ini adalah titik didih maksimal yang dimiliki oleh pelumas tersebut. 

DOT 3 memiliki titik didih maksimal di angka 205 derajat celcius. Kemudian DOT 4 memiliki titik didih maksimal 230 derajat celcius dan DOT 5 mencapai angka 270 derajat celcius

Semakin tinggi angka pada kode pelumas rem tadi maka akan semakin besar pula kemampuannya dalam menghadapi perubahan suhu yang ekstrem. Jadi pastikan Anda memilih pelumas rem dengan kode yang paling tepat. 

Itulah mengapa salah satu tips memilih pelumas rem yang tepat sebelumnya tadi adalah melihat manual book. Lewat manual book tadi Anda bisa tahu pelumas rem dengan kode apa yang bisa digunakan. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya