Tips & Trik

Panduan Praktis: Memilih Pelumas Rem yang Tepat

PUBLISHED DATE : 30 Juli 2023

Pelumas Rem

Pemilihan pelumas rem untuk mobil tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda mungkin akan butuh beberapa tips memilih pelumas rem yang tepat sehingga produk ini akan menjaga performa rem mobil Anda secara optimal.

Seperti kita tahu bahwa rem adalah salah satu komponen terpenting pada sebuah mobil. Jika performa rem terjaga dengan baik berkat pelumas yang tepat maka Anda juga akan berkendara dengan nyaman dan aman. 

Tips Memilih Pelumas Rem yang Tepat

Ada banyak sekali pilihan produk pelumas rem yang bisa Anda temukan saat ini. Tentu akan sangat berbahaya jika Anda sembarangan memilih produk. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan saat memilih pelumas rem untuk mobil Anda:

 

  • Baca Manual Book

 

Tips memilih pelumas rem pertama yang bisa Anda lakukan adalah membaca manual book. Setiap tipe mobil pasti akan memiliki spesifikasi yang berbeda dan jenis pelumas rem yang dipakai juga bisa saja tidak sama. 

Informasi mengenai jenis pelumas rem yang cocok untuk dipakai oleh mobil Anda bisa dilihat langsung lewat manual book atau buku panduan. Jika Anda mengikuti panduan atau rekomendasi pada manual book, pasti akan aman. 

Di buku panduan tersebut Anda bisa mencari tahu jenis pelumas rem seperti apa yang cocok untuk dipakai. Langkah ini jauh lebih aman karena pelumas rem yang direkomendasikan di buku panduan sudah sesuai anjuran pabrik. 

Sebenarnya perawatan mobil memang akan jadi jauh lebih mudah jika Anda selalu menggunakan acuan manual book. Di sana semua informasi tentang mobil sudah lengkap termasuk produk apa saja yang direkomendasikan. 

Baca Juga : Kelebihan Sasis Mobil New Carry Pick Up

 

  • Cek Kode Standar Internasional

 

Selanjutnya Anda perlu mengecek kode standar internasional yang dimiliki oleh produk pelumas tersebut. Penting untuk diketahui bahwa setiap produk pelumas rem memiliki kode standar yang berbeda. 

Kode yang digunakan adalah DOT atau Department of Transportation. Biasanya ada kode DOT 3, DOT 4, dan DOT 5. Poin yang membedakan setiap kode ini adalah titik didih maksimal yang dimiliki oleh pelumas tersebut. 

DOT 3 memiliki titik didih maksimal di angka 205 derajat celcius. Kemudian DOT 4 memiliki titik didih maksimal 230 derajat celcius dan DOT 5 mencapai angka 270 derajat celcius

Semakin tinggi angka pada kode pelumas rem tadi maka akan semakin besar pula kemampuannya dalam menghadapi perubahan suhu yang ekstrem. Jadi pastikan Anda memilih pelumas rem dengan kode yang paling tepat. 

Itulah mengapa salah satu tips memilih pelumas rem yang tepat sebelumnya tadi adalah melihat manual book. Lewat manual book tadi Anda bisa tahu pelumas rem dengan kode apa yang bisa digunakan. 

Selanjutnya Anda tinggal mencari pelumas rem dengan kode yang sesuai. Pastikan untuk tidak memilih produk yang salah agar performa rem mobil selalu terjaga dengan baik. 

 

  • Perhatikan Kandungan Pelumas

 

Tips memilih pelumas rem berikutnya adalah perhatikan setiap kandungan yang ada pada produk tersebut. Tentu setiap jenis produk memiliki kandungan bahan yang berbeda-beda dan hal ini sebaiknya ikut dipertimbangkan. 

Umumnya kandungan di dalam minyak atau pelumas rem ada dua jenis yaitu silicone based dan glycol based. Glycol based biasanya mengandung glycol ester, synthetic oil, dan mineral oil

Sementara itu silicone based mengandung silikon sebagai bahan utamanya. Perbedaan kandungan atau bahan ini juga akan berpengaruh pada performa dan pastinya memiliki efektivitas yang berbeda. 

Dalam hal ini, Anda perlu melihat kembali produk pelumas rem seperti apa yang memang disarankan pabrik. Anda kemudian bisa menyesuaikannya dengan setiap kandungan bahan yang ada pada produk pelumas rem. 

 

  • Konsultasikan dengan Mekanik

 

Tips memilih pelumas rem yang paling mudah untuk dilakukan adalah berkonsultasi dengan mekanik. Jika memang sudah waktunya mengganti pelumas atau minyak rem maka Anda bisa datang ke mekanik terpercaya. 

Konsultasikan dulu kepada mereka, jenis minyak atau pelumas rem seperti apa yang sesuai dengan tipe mobil Anda. Ini bisa jadi solusi terbaik apabila Anda malas atau tidak punya waktu untuk membaca manual book

Sebaiknya Anda pilih bengkel dengan mekanik yang sudah berpengalaman. Tentu akan jauh lebih baik jika Anda datang langsung ke bengkel resmi sehingga mekanik yang bekerja benar-benar paham dengan tipe mobil Anda. 

Mekanik yang berpengalaman akan memilih produk pelumas rem yang tepat dan melakukan penggantian pelumas dengan cara yang benar. Hal ini tentu saja akan menguntungkan Anda sebagai pemilik mobil. 

Bahaya Salah Pilih Pelumas Rem

Apa jadinya jika Anda salah memilih pelumas rem untuk mobil? Hal ini seringkali dianggap sepele padahal kesalahan dalam memilih pelumas rem sangatlah fatal. Apalagi jika Anda melakukannya berulang kali. 

Apabila Anda tidak memilih produk pelumas rem yang tepat, maka ada berbagai jenis masalah yang akan menimpa mobil Anda. Misalnya saja penurunan performa rem bahkan kerusakan yang sulit untuk diperbaiki. 

Baca Juga : Fitur Terkini Yang Wajib Ada Pada Sepeda Motor Incaran Anda

Pemakaian pelumas rem yang tidak tepat bisa saja memicu terjadinya penyumbatan pada sistem hidrolik rem. Kondisi ini sudah pasti akan menurunkan kualitas kerja rem dan membahayakan diri Anda saat berkendara. 

Selain itu penggunaan jenis rem dengan angka DOT yang tidak tepat juga bisa memicu kerusakan sil dalam sebuah sistem rem. Kerusakan seperti ini juga bisa berakibat fatal bahkan menyebabkan rem tidak berfungsi sempurna. 

Oleh sebab itu, pastikan Anda menerapkan beberapa tips memilih pelumas rem yang sudah dibahas tadi. Semua ini dilakukan agar sistem rem mobil bekerja dengan baik dan performanya selalu terjaga. 

Anda juga pasti akan merasa nyaman selama berkendara jika rem beroperasi dengan optimal. Selain itu Anda juga bisa menghemat biaya perbaikan karena rem tidak mudah rusak selama pemakaian mobil. 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Pelumas Rem?

Selain mengetahui seperti apa cara memilih pelumas rem yang tepat, tentu Anda juga harus tahu kapan waktu terbaik mengganti pelumas rem. Penggantian ini sebaiknya memang dilakukan secara berkala saat dibutuhkan. 

Secara umum, pabrik biasanya akan merekomendasikan penggantian minyak rem setiap jarak tempuh 20.000 sampai 30.000 km. Rata-rata jarak tempuh ini bisa dicapai dalam kurun waktu 2 tahun untuk pemakaian normal. 

Namun waktu penggantian ini akan kembali lagi pada intensitas pemakaian dan tipe pelumas rem yang digunakan. Semakin bagus kualitas minyak rem yang dipakai maka akan semakin lama juga daya pakainya. 

Lain halnya dengan minyak rem yang berkualitas buruk. Bisa saja kurang dari waktu 2 tahun minyak rem sudah harus diganti karena tidak mendukung fungsi sistem rem secara optimal. 

Tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan rutin agar semua komponen bisa dicek secara menyeluruh. Termasuk pengecekan pelumas atau minyak rem agar Anda bisa tahu kapan waktu penggantian yang tepat. 

Perhatikan baik-baik apa saja tips memilih pelumas rem yang bisa Anda terapkan tadi. Jangan lupa untuk mengganti pelumas rem di waktu yang tepat dan lakukan perawatan dengan benar agar performa mobil Anda selalu terjaga!

Demikian pembahasan seputar tips memilih pelumas untuk rem mobil. Jika Anda ingin mendapatkan Suzuki Genuine Oil yang terjamin kualitasnya, silahkan kunjungi laman Oli Ecstar yang pastinya original. Klik di sini!

Berita Lainnya