Tips & Trik

Mobil Tidak Bisa Distarter? Ternyata Ini Solusinya

PUBLISHED DATE : 23 Desember 2020

Suzuki Ertiga

Bagian pertama yang harus dicek jika mobil mendadak tidak bisa digunakan adalah dinamo starter. Bagian ini termasuk komponen yang rawan sehingga Anda harus mengeceknya.

Karena dinamo memiliki fungsi untuk menggerakkan mobil, jika mengalami kerusakan maka kendaraan Anda sulit dinyalakan.

  • Aki

Aki juga menjadi bagian yang sering mengalami gangguan sehingga mobil mendadak mengalami disfungsi. Terkadang mobil bisa dinyalakan tetapi di tengah jalan, mendadak mogok. Jika tidak ingin mengalami hal tersebut rutinlah untuk melakukan perawatan pada aki.

  • Aliran bahan bakar

Alasan lain mengapa mobil tidak bisa distarter adalah karena adanya aliran yang tidak lancar. Bahan bakar mobil tidak bisa mengalir seperti biasanya sehingga mobil mendadak sulit dinyalakan. Anda bisa meminta bantuan profesional untuk mengecek alirannya.

  • Busi

Selain aki dan dinamo, busi juga menjadi penyebab lain yang sering terjadi. Anda bisa mengeceknya secara rutin atau pergi ke bengkel agar dibantu oleh jasa profesional. Busi yang mengalami gangguan biasanya karena sudah terlalu lama tidak diganti dan menjadi usang.

  • Koil

Baca Juga : Apa Itu Blind Spot? dan Bagaimana Cara Menguranginya?

Jika busi, aki dan dinamo tidak ada yang mengalami kerusakan, berarti bagian koilnya. Jika koil mobil terlalu panas, bisa jadi inilah yang menyebabkan mobil sulit dinyalakan. Anda harus memastikan bahwa koil selalu dalam kondisi stabil.

Cara Mengatasi dan Merawat Mobil yang Tidak Bisa Distarter

setir_suzuki_ertiga

  • Coba Cek Bagian Fuel Pump

Fuel pump adalah penyebab pertama yang sering mengalami kerusakan sehingga mobil tidak bisa dinyalakan. Fuel pump adalah fitur yang berfungsi untuk mengatur aliran bahan bakar mobil agar tetap lancar sehingga nyaman digunakan. Ketika mobil sulit digunakan, berarti Fuel pump mengalami masalah.

Cara mengeceknya, Anda cukup melihat dari Multi Information Display (MID) yang ada di layar mobil. Tunggu beberapa saat dan akan muncul hasilnya lewat check engine spidometer. Dari situ akan muncul kondisi terbaru dari fuel pump apakah ada masalah atau tidak.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya