Tips & Trik

Mobil Bergetar Saat RPM Rendah? Ternyata Ini Penyebabnya

PUBLISHED DATE : 16 Januari 2022

7  Scroos (1)

Kebanyakan mobil keluaran sekarang memang menggunakan teknologi injeksi. Dengan demikian, di dalam mesin mobil hanya terdapat injektor sehingga tidak ada lagi karburator. 

Injektor berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam komponen intake manifold. Bensin pun akan langsung masuk ke mesin untuk menggerakkan mobil. Lalu, bagaimana jika salah satu injektor rusak atau ada yang tersumbat?

Dampak awalnya mungkin akan pincang, tak heran jika RPM otomatis akan naik. Hal ini menyebabkan getaran mencapai kabin atau body mobil. Masalah seperti ini biasanya terjadi ketika mesin belum lama dihidupkan. 

Bahkan ketika Anda belum melepas kopling, getarannya sudah terasa. Biasanya kendala seperti ini dialami pemilik mobil yang tidak melakukan service rutin. 

Padahal, service berkala penting untuk masalah pada injektor. Anda bisa memanfaatkan layanan fuel injection cleaning and inspection untuk membuat mesin kembali normal.

  • Karet Pada Engine Mounting Pecah

Jika Anda belum mengetahui seputar engine mounting, ini adalah komponen dalam mesin yang menyatukan mesin ke frame. Fungsinya membaut mesin ke bagian frame untuk meredam getaran.

Baca Juga : Ketahui Ini Prinsip Kerja Dari Rem Mobil & Komponennya

Hal ini karena jika mesin menggunakan baut biasa maka getarannya akan diteruskan pada badan mobil. Tak heran jika engine mounting memang dibuat dengan bahan karet peredam khusus.

Meski kinerjanya cukup baik dalam meredam suara, tetap saja material tersebut terbuat dari karet. Sifatnya yang lunak mungkin saja membuatnya rusak seiring pemakaian yang lama. 

Apabila karet pada komponen ini rusak atau pecah, maka getaran mesin akan tersalurkan ke body dan tidak terbendung lagi. Oleh karena itu, mobil bergetar saat RPM rendah bisa jadi karena masalah engine mountingnya.

Anda bisa mengeceknya dengan menyoroti komponen ini menggunakan senter. Pastikan karet yang membautnya masih bagus atau tidak.  Jika ternyata pecah atau terbelah, maka sebaiknya cepat-cepat diganti. 

  • Kampas Kopling Sudah Aus

Jika Anda sudah lama menggunakan mobil, mungkin kampas kopling yang aus mudah dirasakan. Ketika pedal kopling dilepas, baik pada gigi 1 atau 2 maka bagian body mobil akan bergetar. 

Hal tersebut bisa terjadi ketika menyalakan mesin pada RPM rendah. Pengendara pemula sebenarnya juga bisa mendeteksi hal ini ketika melepas kopling pada kondisi yang sama. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya