Tips & Trik

Mobil Bergetar Saat RPM Rendah? Ternyata Ini Penyebabnya

PUBLISHED DATE : 16 Januari 2022

7  Scroos (1)

Mesin mobil yang normal biasanya bergetar cukup halus ketika kopling dilepas, kecuali di gigi 4 atau 5. Jika hal ini terjadi, sebaiknya cek jarak tempuh mobil untuk memastikan kualitas kopling masih baik atau tidak. 

Apabila jarak tempuhnya sudah mencapai 30.000 dan belum ganti kopling, maka dapat dipastikan komponen tersebut sudah aus. 

  • Propeller Shaft Sudah Tidak Balance

Komponen propeller shaft ditemui pada mobil RWD atau Rear Where Drive. Anda bisa melihatnya di kolong mobil berupa pipa memanjang dari transmisi ke gardan belakang. 

Poros propeller berfungsi untuk menghubungkan putaran mesin dengan roda penggerak sehingga mobil bisa melaju. Jika mobil yang Anda kendarai masih baru, maka putaran mesin masih terasa begitu nyaman. 

Sedangkan mobil yang sudah lama dan sering digunakan sebaiknya dicek bagian propellernya. Bisa jadi, komponen ini bentuknya sudah tidak balance sehingga mobil bergetar saat RPM rendah. 

Untuk memeriksanya, dibutuhkan tool bernama dial gauge yang bisa mendeteksi komponen propeller apakah masih bagus atau tidak. 

Baca Juga : Walaupun Jarang Dipakai, Belum Tentu Kondisi Mobil Sehat

Biasanya, poros pipa bagian bawah yang sudah bengkok atau tidak seimbang akan terasa getaranya. Bahkan ketika mengendarai mobil di RPM rendah. Jika sudah begini, Anda harus segera mendatangi bengkel resmi. 

  • Setting Komponen Internal Mesin Kurang Tepat

 

7._scroos__2_

Penyebab mobil bergetar saat RPM rendah lainnya adalah karena komponen internal mesin yang di-setting kurang tepat. Contohnya pada beberapa bagian silinder yang kompresinya hilang atau ada yang bocor. 

Kebocoran juga bisa terjadi pada koil sehingga memicu getaran tidak wajar pada bodi mobil. Oleh karena itu, memeriksa komponen internal mobil memang penting dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. 

  • Sambungan Propeller Aus

Sambungan propeller pada mobil RWD disebut juga sebagai universal joint. Bagian ini juga perlu diperiksa ketika Anda mendapati mobil bergetar tidak wajar. Bisa jadi sambungannya memang sudah aus dan harus segera diganti. 

  • Ban Mobil Tidak Rata/Bergelombang

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya