Tips & Trik

Mengenal Overhaul Mesin dan Bedanya dengan Tune Up

PUBLISHED DATE : 23 Oktober 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/arti_dan_pengertian_overhaul.jpg

Pengertian overhaul mesin atau yang lebih dikenal dengan istilah turun mesin adalah proses membongkar mesin yang bermasalah agar dapat secara lebih teliti.

Memiliki sebuah mobil tentunya harus disertai dengan pemahaman terhadap cara perawatannya. Beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah overhaul mesin yang biasa dilakukan pada mobil atau yang lebih sering disebut dengan istilah turun mesin pada mobil.

Apabila Anda memiliki mobil yang usianya sudah cukup lama, ada baiknya melakukan overhaul secara rutin. Lalu apa perbedaannya dengan tune up? Berikut penjelasan terkait overhaul yang perlu Anda ketahui serta perbedaannya dengan tune up.

Pengertian Overhaul

Baca Juga : Siapa Penemu Mobil Pertama di Dunia? Ini Sejarahnya

Overhaul atau yang lebih dikenal dengan istilah turun mesin adalah proses dalam membongkar mesin yang bermasalah agar dapat diperiksa dengan lebih teliti. Dalam overhaul juga dilakukan penggantian terhadap komponen-komponen mesin yang bermasalah.

Overhaul adalah service berat yang dilakukan pada mesin mobil Anda apabila mengalami kerusakan karena dipakai dalam jangka waktu cukup lama. Dari arti overhaul tersebut dapat disimpulkan bahwa service berat ini perlu dilakukan apabila terdapat kerusakan pada bagian dalam mesin mobil.

Pada saat melakukan overhaul pada mesin kendaraan Anda ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Hal yang pertama adalah membongkar dan memperbaiki komponen yang rusak pada mesin. Mengganti serta memasang kembali komponen dengan cara yang tepat juga hal yang harus dilakukan saat overhaul.

Baca Juga : Fungsi Lampu Tanda Belok: Rangkaian & Komponennya

Berdasarkan pengertian overhaul tersebut, Anda tidak dianjurkan untuk melakukannya dengan cara sembarangan. Menganalisa dan memperhatikan kondisi mobil juga perlu dilakukan sebelum melakukan overhaul agar penanganannya dapat disesuaikan dengan gejala yang ditimbulkan.

Ciri-ciri perlu Dilakukannya Overhaul

overhaul_adalah

Sebagaimana disebutkan bahwa overhaul ini perlu dilakukan secara rutin pada mobil. Dalam hal ini, mobil yang memerlukan overhaul memiliki beberapa ciri khas. Diantara ciri-ciri yang menandakan bahwa perlu dilakukan overhaul mesin pada mobil Anda adalah sebagai berikut.

  • Mengeluarkan Asap Putih dari Knalpot

Baca Juga : Panduan Memilih TV Monitor untuk Mobil Keluarga

Ciri pertama yang paling mudah diketahui bahwa mobil memerlukan overhaul adalah kendaraan Anda mengeluarkan asap berwarna putih dari knalpot. Tidak hanya itu, aroma yang dikeluarkan dari knalpot juga tidak sedap dan seperti sebuah busi yang terbakar.

Asap putih dari knalpot ini sering dikeluarkan oleh mesin kendaraan yang sudah cukup tua usianya. Hal tersebut dikarenakan asap putih biasanya menjadi sebuah pertanda bahwa kinerja mesin pada kendaraan Anda mulai menurun.

Apabila kendaraan Anda mengeluarkan asap putih sebaiknya segera bawa dan konsultasikan pada bengkel resmi Suzuki. Langkah overhaul yang akan diambil juga biasanya ditentukan oleh seberapa parah kerusakan yang terjadi pada bagian dalam mesin kendaraan.

  • Suhu Pada Mesin Terus Meningkat

Ciri kedua dari perlu dilakukannya overhaul mesin yang dapat Anda ketahui dengan mudah adalah suhu mesin kendaraan yang terus meningkat meskipun dalam kecepatan yang rendah. Suhu mesin kendaraan yang terus meningkat akan menyebabkan terjadinya overheat.

Perlu Anda ketahui bahwa overheat dapat menyebabkan mesin kendaraan mati secara mendadak. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda memperhatikan temperatur mesin dan jangan menyalakannya secara langsung karena ini akan membuat suhunya semakin meningkat.

  • Pengurangan Air Radiator

Air radiator yang berkurang secara cepat juga merupakan ciri overhaul pada mesin kendaraan Anda. Oleh sebab itu, Anda harus segera membawa kendaraan pada bengkel resmi Suzuki agar dapat dilakukan pengecekan terhadap komponen radiator kendaraan.

  • Kepala Busi Basah karena Oli

Ciri berikutnya untuk melakukan overhaul adalah kepala busi yang basah karena oli. Busi yang basah juga menjadi pertanda bahwa oli dapat menyebabkan ruang kompresi mudah terbakar karena sudah masuk kedalamnya. Bagian kepala busi kendaraan Anda juga akan berubah warna menjadi hitam.

  • Air Radiator Berminyak

Air radiator berminyak ternyata juga menjadi salah satu ciri bahwa Anda perlu melakukan overhaul mesin pada kendaraan. Air radiator yang berminyak biasanya disebabkan oleh oli yang masuk pada saluran air radiator maupun air yang masuk pada ruang kompresi kendaraan.

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Overhaul

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya