Tips & Trik

Langsung Nyalakan AC Saat Masuk Mobil Berbahaya. Benarkah?

PUBLISHED DATE : 23 Desember 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Langsung_Nyalakan_AC_Saat_Masuk_Mobil_Berbahaya__Benarkah.jpg

Pasti tidak sedikit dari Anda yang pernah mendengar larangan untuk langsung menyalakan AC. Menurut rumor tersebut, alasan AC mobil tidak boleh dinyalakan langsung adalah karena udara pengap di dalam mobil bisa menjadi berbahaya dan salah satunya, udara pengap itu bisa menyebabkan kanker jika dihirup.

Radiasi sinar matahari menurut rumor tersebut bisa menyebabkan reaksi kimia antara material plastik, bahan pelapis jok, pengharum mobil, dan bahan lain di kabin mobil, kalau bercampur udara panas akan bisa menghasilkan berbagai zat baru. Salah satu zat tersebut adalah kandungan senyawa kimia yang bisa menyebabkan kanker.

Benarkah rumor tersebut?

Baca Juga : Ini Penyebabnya Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci

Bisa dipastikan tidak benar. Kenapa informasi tersebut tidak benar? Karena sampai saat ini belum atau tidak pernah ada informasi valid mengenai isu tersebut. Tidak ada referensi ataupun studi yang berhubungan dengan hal tersebut.

Jadi karena sampai saat ini belum ada informasi akan adanya gangguan kesehatan, yang diakibatkan langsung menyalakan AC saat masuk mobil, bisa disimpulkan hal tersebut tidak benar dan tidak layak untuk dipercaya.

Sebaiknya Diikuti dengan Membuka Jendala

Baca Juga : Tips Menyingkirkan Jamur dari Kaca Mobil

Agar terjadi sirkulasi udara dan mengeluarkan udara panas yang terjebak di dalam mobil, bukalah jendala mobil, sembari menyalakan AC.  Selain bisa membantu sirkulasi udara dan mengeluarkan udara yang panas, membuka jendala bisa meringankan kerja AC untuk mendinginkan kabin mobil.

Semoga informasi di atas bermanfaat!

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya