Tips & Trik

Mengenal Perbedaan Sistem Penggerak FWD dan RWD Pada Mobil

PUBLISHED DATE : 11 Maret 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Ignis_(1).jpg

FWD adalah salah satu tipe mode penggerak yang digunakan pada sebuah mobil, ada juga istilah RWD dan 4WD. Bagi Anda yang berencana untuk membeli mobil harus mengenali istilah-istilah ini sebelumnya.

Semua mobil memiliki sistem penggerak yang menyalurkan tenaga pada roda. Mengapa sistem ini harus dipelajari? Karena mode penggerak yang dipilih pada mobil harus disesuaikan dengan kondisi saat berkendara.

Misalnya saja Anda setiap hari harus berkendara di jalanan yang buruk. Maka sistem penggerak mobil yang cocok untuk jalanan tersebut harus disesuaikan. Jika tidak, maka akan menyebabkan kerusakan pada mesin. Hal inilah yang harus diperhatikan dengan baik.

Baca Juga : Begini Cara Membersihkan Mesin Mobil dengan Aman

Untuk mengetahui seperti apa saja mode penggerak pada mobil, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Ignis__2_

Perbedaan FWD, RWD dan 4WD serta Plus Minusnya

Sama seperti ketika hendak membeli laptop atau alat elektronik, Anda perlu tahu apa saja spek yang dimiliki untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Mobil adalah alat transportasi yang digunakan sehari-hari, jadi dengan mengetahui speknya Anda akan tahu mana yang sesuai.

Baca Juga : Mesin Mobil Bergetar Saat Diam, Apa Penyebabnya?

Salah satu aspek pentingnya adalah sistem penggerak mobil yang tenaganya akan dibebankan pada roda. Di dunia ada tiga jenis mode penggerak yaitu FWD, RWD dan 4WD. Anda pasti familiar dengan istilah ini, tapi tahukah mengenai pengertian dan perbedaannya?

Berikut ini pengertian sekaligus perbedaan dari ketiga mode penggerak tersebut. Akan dijelaskan juga mengenai plus minusnya dan mobil apa saja yang menggunakan sistem ini.

  1. FWD atau Front Wheel Drive

Kepanjangan dari FWD adalah Front Wheel Drive, yang merupakan jenis mode penggerak di mana tenaga dari mesin akan disalurkan ke dua roda depan mobil. Tidak ada proses tenaga melalui gardan karena  as roda langsung dihubungkan pada mesin dan transmisi.

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Alat Pendingin Mesin Mobil & Komponennya

Adanya sistem tersebut membuat komponen dari mobil dengan sistem penggerak FWD lebih sedikit. Keuntungan ini membuat biaya produksi mobil jadi lebih sedikit, sehingga harga mobil pun lebih murah.

Sistem penggerak ini memiliki mesin bagian depan yang melintang dan disebut dengan FE atau Front Engine. Jenis mobil yang menggunakan sistem ini sangat banyak, seperti SUV hingga MPV.

Contoh mobil yang menggunakan sistem ini adalah Suzuki Ertiga, Suzuki Ignis, Suzuki Karimun Wagon, Suzuki Baleno dan Suzuki Swift.

Karena menggunakan mode penggerak dua roda saja, maka disebut juga sebagai 2WD atau Two Wheel Drive.

Kelebihan dari mobil ini bisa dilihat dari tampilan dalamnya yaitu ruang kabin yang cukup luas. Membuat mobil jadi cocok digunakan untuk mobil keluarga yang membutuhkan ruang luas. Selain itu lantai dari kabin juga terasa lebih luas dan rata.

Apabila didengarkan saat mobil berjalan maka tidak ada suara berisik, karena tidak ada komponen gardan. Suara mobil pun akan terdengar lebih halus. Soal kemampuannya, mobil ini akan terasa ringan saat dikendarai.

Penyebabnya adalah tenaga mesin yang diteruskan pada roda depan tidak memiliki kerugian mekanis yang besar. Oleh karena itu, tenaga yang dihasilkan besar namun tetap ringan. Selain itu dengan posisi mesin yang searah membuatnya lebih hemat bahan bakar.

Ada kelebihan tentu ada kelemahannya. Kekurangan dari FWD adalah boros ban depan karena cepat gundul mengingat tenaga disalurkan langsung pada bagian ini. Ditambah lagi kaki-kaki mobil juga tidak bisa bertahan lama.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya