Tips & Trik

Mengenal Perbedaan Sistem Penggerak FWD dan RWD Pada Mobil

PUBLISHED DATE : 11 Maret 2021

Suzuki New Ignis

Penyebabnya adalah tenaga mesin yang diteruskan pada roda depan tidak memiliki kerugian mekanis yang besar. Oleh karena itu, tenaga yang dihasilkan besar namun tetap ringan. Selain itu dengan posisi mesin yang searah membuatnya lebih hemat bahan bakar.

Ada kelebihan tentu ada kelemahannya. Kekurangan dari FWD adalah boros ban depan karena cepat gundul mengingat tenaga disalurkan langsung pada bagian ini. Ditambah lagi kaki-kaki mobil juga tidak bisa bertahan lama.

Supaya kaki-kaki mobil tetap awet, maka dibutuhkan perawatan yang rutin. Kelemahan lainnya adalah resiko understeer, yaitu mobil akan kehilangan kendali saat menikung. Alasannya karena daya cengkram hilang lebih tinggi.

Masalah understeer bisa saja diatasi dengan mengurangi injakan pedal saat berbelok. Anda juga harus lebih berhati-hati ketika berada di jalanan naik yang licin serta non aspal. Karena mobil sering selip. Kekurangan terakhir adalah mobil ini kurang memiliki tenaga saat membawa beban berat. 

       2 .RWD atau Rear Wheel Drive

Berlawanan dengan FWD, RWD menyalurkan tenaga pada bagian dua roda belakang. Karena memanfaatkan tenaga pada dua roda, maka RWD juga termasuk dalam sistem penggerak mobil 2WD.

Baca Juga : Apa Itu Uji Kir Mobil? Ini Syarat dan Cara Mendaftarnya

Mobil dengan mode penggerak ini sempat terkenal pada tahun 90-an. Sistem yang bekerja adalah tenaga mesin akan disalurkan ke dua roda belakang, namun melalui gardan. Kelebihan dan kekurangan dari RWD berikut ini yang jadi pembedanya dengan FWD.

Bagi Anda yang menggunakan mobil RWD pasti akan merasakan ruang kabin yang lebih sempit. Hal ini sangat dirasakan pada posisi ruang kaki penumpang akan terganggu.

Pada bagian bawah mobil terdapat terowongan gardan di bawah sasis. Inilah yang membuat ruang kabin jadi terasa sempit karena lantai mobil tidak rata seperti mobil FWD. Hanya saja pada mobil RWD terdapat beberapa keuntungan.

Pertama mobil ini kuat digunakan pada jalanan menanjak karena laju kendaraan lebih baik dan tidak mudah selip. Kelebihan kedua adalah mobil ini lebih tahan banting karena adanya mesin dan penggerak roda yang terpisah cukup jauh.

Letaknya yang berjauhan ini membuat mobil jadi lebih tahan lama. Soal power steering akan terasa enteng, karena radius putar mobil lebih dalam dan patah. Hal ini disebabkan ruas rotasi ban bagian depan yang lega, tidak ada drive shaft seperti pada FWD.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya