Tips & Trik

Ternyata Segini Estimasi Biaya Tune Up Mobil di Bengkel

PUBLISHED DATE : 07 April 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/IGNIS.jpg

Sudahkah Anda melakukan perawatan mobil dengan rutin? Bagi Anda yang sering servis pasti akan mengenal istilah tune up mobil. Apa artinya dan berapa biaya tune up mobil yang harus Anda persiapkan? 

Perawatan mobil perlu dilakukan untuk menjaga performa. Ada beberapa bagian dari mobil yang perlu diganti secara berkala. Contohnya saja kampas rem, busi, filter udara dan filter oli merupakan bagian yang akan aus atau perlu dibersihkan. 

Melalui tune up, semua bagian tersebut akan dirawat dengan benar. Untuk mengetahui apa itu tune up mobil dan berapa besaran biayanya, simak artikel ini sampai selesai. 

Perbedaan Tune Up Mobil dengan Servis

Baca Juga : Apa Itu Body Repair Mobil? Ini Fungsi dan Manfaatnya

Merawat mobil di bengkel adalah kewajiban pemilik kendaraan, tapi ada dua istilah yang sering digunakan yaitu servis dan juga tune up. Sayangnya sebagian besar orang masih saja salah mengartikannya dan menganggap keduanya memiliki arti yang sama. 

Padahal baik servis dan tune up adalah kegiatan perawatan mobil yang berbeda. Pengertian dari servis mobil adalah perawatan yang dilakukan dengan membersihkan komponen mobil secara umum. Servis perlu dilakukan berkala biasanya setiap 5000 km atau enam bulanan. 

Berbeda dengan tune up yang merupakan perawatan yaitu membersihkan sekaligus perbaikan atau penggantian komponen yang ada secara keseluruhan. Jadi jika dibedakan dari kegiatan yang dilakukan, pengertian tune up adalah perawatan yang lebih mendetail. 

Baca Juga : Mobil Bergetar Saat RPM Rendah? Ternyata Ini Penyebabnya

Tune up juga dilakukan rutin yaitu setiap 20.000 km perjalanan atau sama saja dengan setiap tahun sekali. Tapi baik servis dan tune up tidak selalu berpatokan pada km perjalanan kendaraan tetapi juga kondisi. 

Pada saat Anda merasakan performa mobil kurang stabil atau tidak nyaman, maka tak perlu menunggu lagi untuk melakukan servis atau tune up. Harga tune up mobil dengan servis tentu saja berbeda jika diperhatikan dari kegiatan perawatannya. 

Dibandingkan servis, biaya tune up mobil akan lebih besar mengingat adanya penggantian atau pembersihan bagian mobil yang memakan waktu. Melalui perbandingan ini tentunya Anda tidak akan bingung lagi akan pengertian dari tune up serta servis. 

Manfaat Melakukan Tune Up Mobil Secara Rutin

Baca Juga : Baru Pakai Mobil Transmisi Matik? Hal Ini Perlu Diperhatikan

Apabila dilihat dari pengertian tune up mobil, perawatan rutin ini bisa memberikan banyak manfaat bagi kendaraan. Melewatkan tune up artinya Anda tidak ingin memiliki mobil dengan performa yang baik. 

Berikut ini manfaat yang akan Anda dapatkan jika melakukan tune up dengan rutin. 

    1.Performa Mesin Lebih Optimal

Performa sebuah mesin mobil yang tidak dirawat tentunya akan menurun seiring waktu dan penggunaan. Tune up dilakukan untuk mengecek performa mesin yang menjadi dapur pacu dari mobil. Fokus inilah yang akan membuat mobil memiliki performa lebih optimal. 

Apabila Anda sering berkendara jarak jauh atau medan yang bukan jalanan aspal, maka tune up harus dilakukan secara rutin. Anda pun jadi lebih nyaman berkendara nantinya.

    2. Mengetahui Kerusakan Lebih Dini

Mesin yang digunakan terus menerus selalu memiliki komponen yang akan habis, perlu dibersihkan, atau diperbaiki. Setiap servis Anda perlu mengganti oli dan pembersihan mesin. 

Sedangkan saat tune up maka pembersihan saringan oli, saringan udara serta pengecekan mesin dilakukan mendetail. Dengan begitu, jika terdapat kerusakan pada salah satu komponen mesin bisa diketahui sejak awal. 

Mengetahui manakah komponen yang rusak bahkan perlu diganti akan mencegah kerusakan yang lebih lanjut. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan tune up mobil tepat waktu. 

    3. Saringan Udara Tetap Bersih 

Filter udara dalam mobil akan menyaring kotoran agar tak masuk ke dalam mesin. Sehingga hanya udara bersih saja yang akan masuk. Dilihat dari fungsi inilah, tak heran jika filter udara akan cepat kotor. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya