Tips & Trik

Mengenal Perbedaan Sistem Penggerak FWD dan RWD Pada Mobil

PUBLISHED DATE : 11 Maret 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Ignis_(1).jpg

FWD adalah salah satu tipe mode penggerak yang digunakan pada sebuah mobil, ada juga istilah RWD dan 4WD. Bagi Anda yang berencana untuk membeli mobil harus mengenali istilah-istilah ini sebelumnya.

Semua mobil memiliki sistem penggerak yang menyalurkan tenaga pada roda. Mengapa sistem ini harus dipelajari? Karena mode penggerak yang dipilih pada mobil harus disesuaikan dengan kondisi saat berkendara.

Misalnya saja Anda setiap hari harus berkendara di jalanan yang buruk. Maka sistem penggerak mobil yang cocok untuk jalanan tersebut harus disesuaikan. Jika tidak, maka akan menyebabkan kerusakan pada mesin. Hal inilah yang harus diperhatikan dengan baik.

Baca Juga : Cek Berkala Kaki-Kaki Mobil Usai Perjalanan Jauh

Untuk mengetahui seperti apa saja mode penggerak pada mobil, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Ignis__2_

Perbedaan FWD, RWD dan 4WD serta Plus Minusnya

Sama seperti ketika hendak membeli laptop atau alat elektronik, Anda perlu tahu apa saja spek yang dimiliki untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Mobil adalah alat transportasi yang digunakan sehari-hari, jadi dengan mengetahui speknya Anda akan tahu mana yang sesuai.

Baca Juga : Fungsi Timing Belt Dan 5 Tandanya Perlu Diganti

Salah satu aspek pentingnya adalah sistem penggerak mobil yang tenaganya akan dibebankan pada roda. Di dunia ada tiga jenis mode penggerak yaitu FWD, RWD dan 4WD. Anda pasti familiar dengan istilah ini, tapi tahukah mengenai pengertian dan perbedaannya?

Berikut ini pengertian sekaligus perbedaan dari ketiga mode penggerak tersebut. Akan dijelaskan juga mengenai plus minusnya dan mobil apa saja yang menggunakan sistem ini.

  1. FWD atau Front Wheel Drive

Kepanjangan dari FWD adalah Front Wheel Drive, yang merupakan jenis mode penggerak di mana tenaga dari mesin akan disalurkan ke dua roda depan mobil. Tidak ada proses tenaga melalui gardan karena  as roda langsung dihubungkan pada mesin dan transmisi.

Baca Juga : Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi? Ini Penyebabnya

Adanya sistem tersebut membuat komponen dari mobil dengan sistem penggerak FWD lebih sedikit. Keuntungan ini membuat biaya produksi mobil jadi lebih sedikit, sehingga harga mobil pun lebih murah.

Sistem penggerak ini memiliki mesin bagian depan yang melintang dan disebut dengan FE atau Front Engine. Jenis mobil yang menggunakan sistem ini sangat banyak, seperti SUV hingga MPV.

Contoh mobil yang menggunakan sistem ini adalah Suzuki Ertiga, Suzuki Ignis, Suzuki Karimun Wagon, Suzuki Baleno dan Suzuki Swift.

Karena menggunakan mode penggerak dua roda saja, maka disebut juga sebagai 2WD atau Two Wheel Drive.

Kelebihan dari mobil ini bisa dilihat dari tampilan dalamnya yaitu ruang kabin yang cukup luas. Membuat mobil jadi cocok digunakan untuk mobil keluarga yang membutuhkan ruang luas. Selain itu lantai dari kabin juga terasa lebih luas dan rata.

Apabila didengarkan saat mobil berjalan maka tidak ada suara berisik, karena tidak ada komponen gardan. Suara mobil pun akan terdengar lebih halus. Soal kemampuannya, mobil ini akan terasa ringan saat dikendarai.

Penyebabnya adalah tenaga mesin yang diteruskan pada roda depan tidak memiliki kerugian mekanis yang besar. Oleh karena itu, tenaga yang dihasilkan besar namun tetap ringan. Selain itu dengan posisi mesin yang searah membuatnya lebih hemat bahan bakar.

Ada kelebihan tentu ada kelemahannya. Kekurangan dari FWD adalah boros ban depan karena cepat gundul mengingat tenaga disalurkan langsung pada bagian ini. Ditambah lagi kaki-kaki mobil juga tidak bisa bertahan lama.

Supaya kaki-kaki mobil tetap awet, maka dibutuhkan perawatan yang rutin. Kelemahan lainnya adalah resiko understeer, yaitu mobil akan kehilangan kendali saat menikung. Alasannya karena daya cengkram hilang lebih tinggi.

Masalah understeer bisa saja diatasi dengan mengurangi injakan pedal saat berbelok. Anda juga harus lebih berhati-hati ketika berada di jalanan naik yang licin serta non aspal. Karena mobil sering selip. Kekurangan terakhir adalah mobil ini kurang memiliki tenaga saat membawa beban berat. 

       2 .RWD atau Rear Wheel Drive

Berlawanan dengan FWD, RWD menyalurkan tenaga pada bagian dua roda belakang. Karena memanfaatkan tenaga pada dua roda, maka RWD juga termasuk dalam sistem penggerak mobil 2WD.

Mobil dengan mode penggerak ini sempat terkenal pada tahun 90-an. Sistem yang bekerja adalah tenaga mesin akan disalurkan ke dua roda belakang, namun melalui gardan. Kelebihan dan kekurangan dari RWD berikut ini yang jadi pembedanya dengan FWD.

Bagi Anda yang menggunakan mobil RWD pasti akan merasakan ruang kabin yang lebih sempit. Hal ini sangat dirasakan pada posisi ruang kaki penumpang akan terganggu.

Pada bagian bawah mobil terdapat terowongan gardan di bawah sasis. Inilah yang membuat ruang kabin jadi terasa sempit karena lantai mobil tidak rata seperti mobil FWD. Hanya saja pada mobil RWD terdapat beberapa keuntungan.

Pertama mobil ini kuat digunakan pada jalanan menanjak karena laju kendaraan lebih baik dan tidak mudah selip. Kelebihan kedua adalah mobil ini lebih tahan banting karena adanya mesin dan penggerak roda yang terpisah cukup jauh.

Letaknya yang berjauhan ini membuat mobil jadi lebih tahan lama. Soal power steering akan terasa enteng, karena radius putar mobil lebih dalam dan patah. Hal ini disebabkan ruas rotasi ban bagian depan yang lega, tidak ada drive shaft seperti pada FWD.

Kekurangan RWD dibandingan FWD adalah bobot mobil yang berat, karena ada banyak komponen yang digunakan. Otomatis kerugian pada mekanisnya pun besar. Tenaga mesin yang sampai di dua roda belakang pun tidak besar.

Mobil juga akan oversteer, di mana bagian belakang mobil akan terbuang ke sisi luar belokan, istilahnya ‘’ngepot’. Satu hal lagi yang sangat berbeda adalah mobil RWD lebih boros bahan bakar dibandingkan FWD.

Contoh mobil yang menggunakan sistem RWD antara lain Suzuki Carry, Suzuki APV, Suzuki Escudo dan Suzuki Sidekick.

        3. 4WD atau Four Wheel Drive

Mode penggerak yang sangat berbeda karena tenaga akan disalurkan ke semua empat roda mobil. 4WD sendiri memiliki beberapa sistem sesuai kebutuhan yaitu part time, full time dan all wheel drive atau AWD.

Apa yang dimaksud dengan part time 4WD adalah di mana Anda bisa menyesuaikan sistem penggerak menjadi 2WD, yang biasanya digunakan pada jalanan datar dan lurus.

Sedangkan sistem full 4WD adalah tidak ada 2WD, namun sistemnya adalah 4High, 4 Low Range dan Differential Lock. Berbeda lagi dengan AWD yang sistemnya terdapat pada keempat roda mobil. AWD juga tidak bisa diubah ke 2WD, 4H dan 4L.

Soal keuntungan, mobil 4WD memiliki traksi yang maksimal karena tenaga mesin akan disalurkan ke semua roda. Sistem ini memungkinkan roda lain akan bekerja menerima tenaga ketika salah satu roda selip.

Jadi mobil aman digunakan pada jenis jalan yang tidak rata atau bukan jalan aspal atau licin. Soal kekurangannya ada dua, yaitu bobot berat karena semua roda memiliki sistem penggerak. Kekurangan keberikutnya adalah mobil ini boros dan bisa mengalami understeer atau oversteer.

Contoh mobil 4WD terkenal keluaran dari Suzuki adalah Jimny, yang sangat terkenal dari dulu sampai sekarang.

Masing-masing sistem penggerak pada mobil ini memiliki plus minus yang berbeda-beda. Umumnya FWD  adalah sistem yang paling banyak diterapkan dan lebih dipilih khususnya jenis city car. Tapi jika Anda ingin menggunakannya pada jalan tidak rata, RWD dan 4WD bisa jadi pilihan.

 

Berita Lainnya