Tips & Trik

Belum Tahu? Begini Cara Merawat Mobil Warna Putih

PUBLISHED DATE : 23 Mei 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/27__new_carry_(1)1.jpg

Mobil dengan warna putih memang banyak digemari. Pasalnya warna ini tampak elegan dan eye catching.

Sayangnya, cat warna putih dinilai lebih sensitif dibanding dengan cat warna lain. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara merawat mobil warna putih yang bisa diterapkan.

Perubahan warna yang paling terasa biasanya adanya gejala menguning yang timbul karena mobil sudah berumur dan seringnya terpapar panas matahari. Untuk membuat cat warna putih pada mobil menjadi awet, simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga : Cara Mengetahui Kapan Mobil Harus ke Bengkel

Mengapa Banyak yang Memilih Mobil Warna Putih?

Ada banyak orang yang menjatuhkan pilihannya untuk membeli mobil warna putih. Beberapa alasannya adalah adalah karena tampilannya yang lebih eye catching.

Mobil warna putih juga akan memperjelas sorot lampu mobil seperti lampu rem karena sifatnya yang memantulkan cahaya. 

Baca Juga : Body Roll: Pengertian dan Penyebab Mobil Mengalaminya

Mobil dengan warna putih selain bisa memperjelas sorot lampu, juga bisa menangkal hawa panas karena sifat memantulkan cahaya matahari. Hal ini sangat menguntungkan pengendara yang tinggal di daerah panas yang memiliki mobilitas tinggi.

Nilai jual kembali jauh lebih tinggi dibanding dengan mobil dengan warna lain karena mobil warna putih sudah menjadi warna favorit. Alasan lain adalah mobil dengan warna ini lebih mudah terlihat dan lebih mudah berada dalam pengawasan.

Sayangnya mobil ini memiliki kekurangan, seperti mobil ini perlu perawatan ekstra karena gampang menguning jika warna tidak dirawat dengan baik. Agar warnanya menjadi awet, ada beberapa cara khusus yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan pelindung.

Baca Juga : Idle Speed Control: Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya

27._new_carry__1_

Tips Perawatan untuk Mobil Berwarna Putih

  • Kurangi Menjemur Mobil Putih di Bawah Matahari Langsung

Salah satu cara merawat mobil putih adalah dengan menghindari memarkir mobil Anda di bawah terik matahari langsung. Usahakan untuk mendapat tempat yang teduh sebelum benar-benar meninggalkan mobil Anda.

Hal tersebut bertujuan untuk menjaga mobil putih dari sinar UV yang dapat menyebabkan warna mobil bisa menguning. Carilah tempat yang benar-benar teduh, sehingga sinar matahari tidak akan mengenai mobil Anda.

Akan lebih baik jika Anda parkir di dalam gedung yang memiliki basement. Atau jika di rumah tidak ada garasi ataupun pohon rindang, bisa memakai penutup mobil yang dilengkapi dengan penangkal sinar UV.

  • Rajin Menjaga Kebersihan Mobil

Cara merawat mobil warna putih selanjutnya adalah dengan rajin membersihkan mobil tersebut, seperti mengelapnya setelah seharian dipakai, atau mencucinya beberapa hari sekali.

Hal ini dimaksudkan agar debu dan kotoran tidak menumpuk sehingga akan menutupi warna mobil.

  • Hindari Mencuci Mobil Putih di Bawah Sinar Matahari

Langkah satu ini tidak hanya berlaku untuk mobil berwarna putih saja, untuk yang berwarna lain pun juga sama.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya