Tips & Trik

Belum Tahu? Begini Cara Merawat Mobil Warna Putih

PUBLISHED DATE : 23 Mei 2019

27  New Carry (1)1

Mobil dengan warna putih memang banyak digemari. Pasalnya warna ini tampak elegan dan eye catching.

Sayangnya, cat warna putih dinilai lebih sensitif dibanding dengan cat warna lain. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara merawat mobil warna putih yang bisa diterapkan.

Perubahan warna yang paling terasa biasanya adanya gejala menguning yang timbul karena mobil sudah berumur dan seringnya terpapar panas matahari. Untuk membuat cat warna putih pada mobil menjadi awet, simak penjelasan berikut ini.

Mengapa Banyak yang Memilih Mobil Warna Putih?

Ada banyak orang yang menjatuhkan pilihannya untuk membeli mobil warna putih. Beberapa alasannya adalah adalah karena tampilannya yang lebih eye catching.

Mobil warna putih juga akan memperjelas sorot lampu mobil seperti lampu rem karena sifatnya yang memantulkan cahaya. 

Mobil dengan warna putih selain bisa memperjelas sorot lampu, juga bisa menangkal hawa panas karena sifat memantulkan cahaya matahari. Hal ini sangat menguntungkan pengendara yang tinggal di daerah panas yang memiliki mobilitas tinggi.

Nilai jual kembali jauh lebih tinggi dibanding dengan mobil dengan warna lain karena mobil warna putih sudah menjadi warna favorit. Alasan lain adalah mobil dengan warna ini lebih mudah terlihat dan lebih mudah berada dalam pengawasan.

Sayangnya mobil ini memiliki kekurangan, seperti mobil ini perlu perawatan ekstra karena gampang menguning jika warna tidak dirawat dengan baik. Agar warnanya menjadi awet, ada beberapa cara khusus yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan pelindung.

27._new_carry__1_

Baca Juga : Rem Tangan Mobil: Fungsi, Jenis dan Cara Menggunakannya

Tips Perawatan untuk Mobil Berwarna Putih

  • Kurangi Menjemur Mobil Putih di Bawah Matahari Langsung

Salah satu cara merawat mobil putih adalah dengan menghindari memarkir mobil Anda di bawah terik matahari langsung. Usahakan untuk mendapat tempat yang teduh sebelum benar-benar meninggalkan mobil Anda.

Hal tersebut bertujuan untuk menjaga mobil putih dari sinar UV yang dapat menyebabkan warna mobil bisa menguning. Carilah tempat yang benar-benar teduh, sehingga sinar matahari tidak akan mengenai mobil Anda.

Akan lebih baik jika Anda parkir di dalam gedung yang memiliki basement. Atau jika di rumah tidak ada garasi ataupun pohon rindang, bisa memakai penutup mobil yang dilengkapi dengan penangkal sinar UV.

  • Rajin Menjaga Kebersihan Mobil

Cara merawat mobil warna putih selanjutnya adalah dengan rajin membersihkan mobil tersebut, seperti mengelapnya setelah seharian dipakai, atau mencucinya beberapa hari sekali.

Hal ini dimaksudkan agar debu dan kotoran tidak menumpuk sehingga akan menutupi warna mobil.

  • Hindari Mencuci Mobil Putih di Bawah Sinar Matahari

Langkah satu ini tidak hanya berlaku untuk mobil berwarna putih saja, untuk yang berwarna lain pun juga sama.

Banyak orang yang lebih senang mencuci mobilnya di bawah sinar matahari dengan harapan mobil akan lebih cepat kering saat terkena panas matahari. 

Anggapan tersebut memang benar, akan tetapi apabila mobil terkena sinar matahari langsung, lama kelamaan dapat menyebabkan warna cat mobil cepat pudar. 

Selain itu ketika mencuci menggunakan shampo atau sabun, bahan tersebut akan cepat mengering dan terserap pada cat mobil. Hal tersebut disebabkan oleh sinar panas matahari.

Oleh karena itu, solusi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mencuci mobil di tempat yang teduh.

Apalagi jika sanitasi dalam garasi Anda bagus, bisa langsung mencucinya di dalam garasi. Kecuali mencucinya hanya dengan air saja, Anda boleh membawa mobil keluar.

  • Menggunakan Teknik Mencuci Mobil yang Baik dan Benar

Shampo yang terlalu lama dibiarkan pada body mobil, akan cepat mengering sehingga menimbulkan efek tidak baik bagi warna putih mobil Anda.

Teknik mencuci mobil putih yang benar adalah dengan membilas bagian yang sudah terkena shampoo sesaat sebelum berpindah pada bagian mobil yang lain.

  • Menggunakan Shampo atau Sabun Khusus Mobil Putih

Untuk mencuci mobil warna putih, jangan menggunakan sabun ataupun shampoo yang tidak direkomendasikan untuk mencuci mobil.

Gunakan shampo atau sabun perawatan mobil putih. Menggunakan sabun yang tidak sesuai dengan fungsinya dapat merusak cat mobil.

Dengan menggunakan shampo atau sabun khusus mobil, cat putih dari mobil Anda akan lebih awet lagi, sekaligus juga terjaga kebersihannya.

Shampo khusus mobil sangat mudah Anda dapatkan di toko otomotif. Dengan menggunakan ini, warna akan lebih tahan lama dan tidak berubah.

  • Teknik Membilas Harus Benar

Untuk membilas sabun atau shampoo ada cara yang harus Anda ikuti yaitu dengan membilas secara 1 arah.

Kemudian, permukaan body mobil dibilas secara berkala dengan arah dari atas ke bawah. Cara ini dilakukan agar tidak ada kotoran yang menyangkut.

Tujuan lainnya adalah untuk menghindari bercak-bercak bekas sabun mengering dan menimbulkan noda.

Cara ini juga menghindarkan adanya kotoran yang masih tertinggal di bagian celah mobil dan membuat mobil Anda tidak bersih sempurna.

  • Menggunakan Kain Lap yang Lembut

Setelah membilasnya jangan lupa untuk mengelap bagian yang masih basah dengan kain lap yang lembut dan daya serap tinggi.

Nah disinilah perbedaan dari pengeringan menggunakan lap dengan menggunakan sinar matahari. Penggunaan kain tidak akan meninggalkan bercak pada body mobil.

Baca Juga : Beli Mobil Saat Pameran? Pakai Tips Ini!

Selain itu, juga dapat menghindarkan mobil Anda agar tidak menguning. Bercak yang mengering ketika dilakukan pengeringan menggunakan sinar matahari hanya akan merusak cat mobil.

  • Melakukan Pemolesan

Pemolesan dilakukan untuk mempertahankan warna putih mobil Anda agar tetap berkilau. Pemolesan juga digunakan untuk menghilangkan jamur yang menempel pada body mobil. Pemolesan dapat dilakukan di bengkel resmi terdekat.

Biaya pemolesan biasanya berkisar pada harga Rp 3.000.000. Dengan budget tersebut Anda sudah mendapatkan mobil Anda dengan dilapisi lapisan nano ceramic yang dapat membuat warna body mobil awet sampai dengan 2 tahun.

Jika mempunyai waktu luang Anda bisa melakukannya sendiri. Pertama Anda harus menggosok seluruh body mobil menggunakan super kompon (untuk menghilangkan baret pada body mobil).

Kemudian, cuci bersih mobil menggunakan sabun dan air seperti  biasa untuk menghilangkan bekas minyak. 

Langkah selanjutnya adalah dengan menempelkan cairan Ceramic Premium Carnauba yang dapat mengkilapkan body mobil. 

Gosokkan secara merata menggunakan kain halus. Penggunaan kain halus bertujuan untuk menghindarkan baret pada body mobil.

  • Melakukan Treatment Menghilangkan Yellowing

Treatment ini bisa dilakukan di salon mobil. Sebenarnya kegiatan ini hampir sama dengan pemolesan, tetapi dengan treatment menghilangkan yellowing ini, mobil Anda bisa disulap menjadi kinclong kembali. Treatment sendiri biasanya mencakup eksterior, interior, mesin, sampai kaca. 

Harga treatment ini rata-rata berkisar pada Rp  4.000.000 sampai dengan Rp 7.000.000, tergantung ukuran mobilnya. Ada juga paket detailing yang cuma memakan biaya antara Rp 1.000.000 juta sampai dengan Rp 2.000.000.

Demikian cara merawat mobil warna putih yang bisa Anda terapkan untuk menjaga warna tetap kinclong dan tahan lama. Selain itu, dengan menerapkan tips tersebut, mobil akan terhindar dari yellowing atau warna menguning.

Untuk perawatan lebih lanjut pada mobil tersebut, Anda bisa melakukannya di salah satu bengkel resmi Suzuki.

Berita Lainnya