Tips & Trik

Mengenal Lebih Dekat Kapal Tugboat

PUBLISHED DATE : 14 April 2023

Kapal Tugboat

 

Indirect towing dilakukan dengan cara menarik kapal untuk bergeser ke sisi berbeda. Sehingga kapal yang lain bisa bebas melakukan manuver. Dalam metode ini tugboat berperan sebagai kemudi. 

Tugboat menarik lambung kapal untuk memutar atau mengubah arahnya. Jika kapal masih memerlukan bantuan bisa dilanjutkan dengan direct towing. Namun jika kapal sanggup untuk bermanuver, maka tugboat hanya membantu mengubah arah kapal.

Jenis-jenis Kapal Tugboat

Berdasarkan lokasi tugboat digunakan, kapal tunda terbagi ke dalam tiga jenis. Setiap tipe kapal tunda memiliki karakteristiknya sendiri. Serta fitur-fitur berbeda yang digunakan untuk membantu pekerjaan di masing-masing tempat. Berikut ini penjelasannya:

 

  • Harbour Tugboat

 

Kapal ini digunakan di pelabuhan. Bentuknya tidak terlalu besar dan tugas utama dari tugboat ini adalah melayani kapal yang ingin merapat menuju dermaga. 

Kapal-kapal tersebut memiliki gerak yang terbatas khususnya di pelabuhan ramai. Kapal kesulitan untuk melakukan manuver. Karena itulah dibutuhkan bantuan tugboat untuk menarik kapal. 

 

  • Seagoing Tugboat

 

Baca Juga : Biar Aman, Ini Cara Melepas Aki Mobil yang Benar & Pasangnya

Sesuai namanya kapal tunda seagoing digunakan di wilayah lautan lepas. Dipakai untuk melakukan operasi di tengah laut, misalnya mooring dan unmooring. 

Seagoing tugboat mempunyai ukuran paling besar di antara jenis kapal tunda yang ada. Dilengkapi dengan mesin bertenaga besar. Serta mempunyai fore yang lebih tinggi, untuk memecah ombak. 

 

  • River Tugboat

 

River tugboat merupakan jenis kapal tunda yang beroperasi di kanal-kanal sungai. Kapal tunda yang ada di perairan tenang ini mempunyai karakteristik berbeda. 

Desain hull lebih rendah dan berbentuk kotak. Sehingga sama sekali tidak boleh digunakan di lautan lepas, karena tidak mempunyai kemampuan memecah ombak. 

River tugboat dipakai untuk menarik ataupun mendorong kapal tongkang yang membawa muatan, untuk melewati perairan dangkal. 

Demikian penjelasan mengenai kapal tugboat, kapal serbaguna yang memiliki peran penting dalam membantu kapal-kapal besar melakukan manuver. Serta melakukan berbagai tugas lainnya. 

Bicara soal kapal, jika Anda memiliki salah satu dengan jenis mini boat, maka gunakan mesin tempel Suzuki. Untuk servisnya? Anda bisa mengandalkan bengkel servis resmi Suzuki terdekat di kota Anda!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya