Tips & Trik

Mengenal Lebih Dekat Kapal Tugboat

PUBLISHED DATE : 14 April 2023

Kapal Tugboat

Tugboat disebut juga sebagai kapal tunda. Tugboat merupakan jenis kapal yang bertugas menarik dan mendorong kapal lain. Baik itu kapal berukuran besar yang hendak bersandar ke pelabuhan. Ataupun kapal-kapal yang tidak memiliki penggerak. 

Karena kapal tunda berfungsi menarik atau mendorong kapal, maka tugboat dilengkapi dengan mesin yang dapat memberikan tenaga cukup besar. Kapasitas mesinnya rata-rata 750  sampai 3.000  tenaga kuda (horse power).

Bahkan kapal tunda yang berada di lautan lepas memiliki kekuatan sampai 25.000 tenaga kuda. Sehingga wajar saja jika tugboat mampu menarik atau mendorong kapal yang lebih besar dari ukurannya. 

Selain mempunyai kapasitas mesin yang besar, tugboat juga dirancang agar mudah melakukan manuver. Kemampuan gerak tugboat diperoleh dari sistem propulsi,  yang dapat meningkatkan daya dorong pada propeller (baling-baling) kapal. 

Fungsi Kapal Tugboat

Fungsi utama tugboat di pelabuhan maupun kanal sungai adalah menarik atau mendorong kapal. Namun tugboat juga mempunyai peran lain yang tidak kalah penting Berikut ini penjelasan tentang apa saja fungsi dari tugboat atau kapal tunda:

 

  • Menggerakkan Kapal Berukuran Besar

 

Tugboat bertugas menarik atau bisa juga mendorong kapal-kapal berukuran besar, yang sulit bersandar ke dermaga. Seperti kapal pesiar, kapal tanker, kapal induk, dan jenis kapal besar lainnya. 

Tugboat juga berperan untuk menggerakkan kapal-kapal tanpa mesin penggerak sendiri seperti kapal tongkang. Serta membantu memindahkan bangunan-bangun di lepas pantai (offshore).

 

  • Membantu Proses Mooring dan Unmooring

Baca Juga : 7 Cara Merawat Kapal Agar Awet dan Tahan Lama

 

Kapal tugboat adalah kendaraan dapat menolong kapal melakukan mooring (menambatkan tali) dan unmooring (melepaskan tambatan tali). 

Karena seringkali kapal tanker kesulitan untuk menambat dan melepaskan tali tambat dari dermaga. Maka dari itu tugboat  dibutuhkan untuk memandu kapal-kapal besar.

 

  • Mengatasi Tumpahan Minyak

 

Tugboat dapat digunakan untuk menanggulangi tumpahan minyak akibat kapal tenggelam, kapal terbakar, atau insiden minyak tumpah. Tugboat sudah dilengkapi dengan jaring yang bisa menyaring minyak.

Selain itu tugboat juga sering digunakan ketika ada kapal yang kebakaran. Tugboat akan mendukung kapal pemadam kebakaran untuk bersama-sama memadamkan api. Karena tugboat juga sudah dilengkapi dengan pompa air dan alat pemadam lainnya.

 

  • Fungsi Lainnya

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya