Tips & Trik

Mengenal Lebih Dekat Fungsi Navigasi Buoy dalam Pelayaran

PUBLISHED DATE : 15 April 2023

Navigasi Buoy

Biasanya alat yang satu ini kerap dipakai oleh kapal ketika hendak menjamah ke area pelabuhan ataupun wilayah yang lebih sempit di perairan. Buoy akan dibiarkan mengapung di lautan sebagai sebuah penanda akan kondisi dari perairan untuk kapal yang sedang berlayar di area tersebut. Sehingga apabila ada kapal lain pada area perairan yang sama dapat lebih waspada. 

Mengenali Jenis dan Fungsi Navigasi Buoy 

Tak hanya kendaraan darat saja yang memiliki aturan lalu lintas atau rambu-rambu. Kendaraan laut pun juga memiliki peraturannya sendiri. Pelampung navigasi ini menjadi sebuah alat atau sistem yang menjadi panduan bagi para nahkoda dalam mengemudikan kapalnya. 

Buoy pun terus dikembangkan agar standarnya sesuai dan selaras, sehingga pada tiap teritori perairan terjadi keseragaman pemahaman akan rambu tersebut. Dengan demikian, untuk menghindari adanya multitafsir, International Association of Marine Aids to Navigation and Listration Authorities (IALA) pun membuat standar peraturan buoy. 

Baik dari segi warna ataupun bentuk dan bahan yang digunakan dalam pembuatan rambu tersebut. Sebagai salah satu instansi yang berwenang dalam penggunaan pelampung navigasi, IALA pun membagi buoy dalam beberapa jenis dengan fungsinya yang bervariasi. Detailnya sebagai berikut:

 

  • Jenis Lateral Buoy

 

Baca Juga : Mudik dengan Motor? Ini yang Wajib Dipersiapkan

Navigasi yang satu ini didasarkan pada regional wilayah perairan berdasar wilayah negara. IALA membuat pembagian 2 regional negara yang ditetapkan sebagai berikut. Regional A mencakup Eropa, Australia, Afrika, dan sebagian negara-negara di Asia. 

Sementara itu untuk Regional B terdiri atas Amerika, Amerika Selatan, Filipina, Jepang dan Korea. Pembagian regional A dan B ini hanya berlaku untuk buoy jenis lateral. 

Untuk Regional A, penggunaan lateral buoy warna merah untuk port, sementara untuk warna hijaunya bisa dipasangkan di starboard kapal. Sementara itu, Regional B adalah kebalikan dari Regional A. warna merah akan dipakai pada starboard kapal, dengan warna hijau bisa digunakan di area port. 

 

  • Jenis Cardinal Buoy

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Mobil Tua

Tips agar Mobil Tua Tetap Tangguh

Mobil tua membutuhkan perawatan khusus agar tetap awet dan prima, serta tetap bisa beroperasi dengan baik di jalan. Dengan mengikuti tips perawatan yang tepat, kendaraan kesayangan...

selengkapnya