Tips & Trik

Mari Mengenal Jenis Jenis Kemudi Kapal Laut

PUBLISHED DATE : 28 Agustus 2020

Kemudi Kapal Laut

Kemudian, kemudi bantu (auxiliary steering gear) hendaknya dapat digerakkan dengan daya kekuatan yang cukup besar sesuai dengan regulasi yang ada. Demikian pula garis tengah poros kemudi yang terdapat pada posisi celaga memiliki ukuran berkisar 9 derajat (228,6 mm).

Sarana-sarana yang telah ditetapkan oleh regulasi administrasi pemerintah hendaknya dilengkapi. Hal ini bertujuan untuk mempermudah saat pemberian aba-aba dari pusat (anjungan) kepada gear room.

jenis_kemudi_kapal

Jenis Kemudi Kapal

  • Kemudi biasa

Baca Juga : Menarik, Ini Fungsi dan Jenis Alat Navigasi Kapal

Ini merupakan jenis kemudi yang seluruh daun-daun kemudinya terletak pada sisi belakang poros utama. Umumnya, jenis kemudi satu ini dipasangkan pada kapal-kapal yang berukuran kecil yang memiliki baling-baling tunggal. Kemudi biasa terbagi menjadi plat tunggal dan ganda.

Kemudi plat tunggal merupakan kemudi biasa yang tersusun atas plat ataupun lembaran plat tunggal. Sedangkan kemudi plat ganda merupakan kemudi yang tersusun atas plat ganda yang didalamnya terdapat adanya rongga.

  • Kemudi Berimbang (Balance)

Ini merupakan kemudi yang sebagian besar daun kemudinya terletak pada belakang poros putar dan sebagian kecil terletak di depan poros putar. Selain itu jenis kemudi berimbang terbagi menjadi dua yakni kemudi semi berimbang dan juga kemudi berimbang penuh.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya