Tips & Trik

Mari Mengenal Jenis Jenis Kemudi Kapal Laut

PUBLISHED DATE : 28 Agustus 2020

Kemudi Kapal Laut

Menjadi seorang pelaut tentu saja bukan hal yang mudah, apalagi jika berbicara tentang kemudi kapal. Selain diperlukannya kemampuan dalam mengemudi, mengenali seluk beluk kemudi laut pun termasuk hal penting. Baik dari segi persyaratan, teknik mengemudi, hingga cara perawatan kemudi pada kapal.

Mungkin tidak banyak yang mengerti tentang kemudi laut, untuk itu berikut ini akan diulas mengenai dunia kemudi laut agar Anda dapat mengenal dan memahaminya secara mendalam.

Definisi Kemudi Kapal

Kemudi kapal merupakan suatu alat yang memiliki peranan penting dalam kapal, karena dengan adanya kemudi maka keselamatan kapal akan terjaga. Selain itu, kemudi yang digunakan tak bisa jika hanya asal kemudi biasa.

Kemudi yang baik memiliki beberapa persyaratan yang teregulasi dalam SOLAS 74 aturan ke 29 BAB II tentang perangkat kemudi. Persyaratan-persyaratan tersebut diantaranya ialah kemudi utama hendaknya memiliki kekuatan yang cukup sehingga dapat mengemudikan kapal laut dengan baik.

Persyaratan Kemudi Berdasarkan Jenis Kapal

  • Kapal Penumpang Serta Kapal Barang

Baca Juga : Apa itu Pelaut dan Apa Bedanya dengan Marinir

Pada seluruh jenis kapal penumpang maupun kapal barang, hendaknya dilengkapi atau memiliki seperangkat kemudi utama atau steering gear. Demikian juga dengan perangkat kemudi bantu atau auxiliary steering gear yang sesuai dengan persyaratan administrasi.

Penempatan kemudi utama (steering gear) beserta poros kemudinya hendaklah disusun sesuai dengan panduan yang ada. Hal ini bertujuan agar kapal tidak mengalami kerusakan saat bergerak mundur dengan kekuatan penuh.

Kemudi bantu (auxiliary steering gear) diharuskan memiliki daya yang cukup besar agar kapal dapat digunakan untuk berlayar dan digunakan saat dalam keadaan darurat.

  • Kapal Penumpang

Kemudi utama (steering gear) memiliki kemampuan dapat diarahkan ke samping hingga 35 derajat ke kanan ataupun ke kiri dalam durasi 28 detik.

Hal ini dimulai dari kedudukan menuju tengah-tengah,kemudian ke arah kiri 35 derajat. Selanjutnya diteruskan ke tengah-tengah, lalu menuju arah kanan 35 derajat, dan menuju tengah lagi.

Kemudian, kemudi bantu (auxiliary steering gear) hendaknya dapat digerakkan dengan daya kekuatan yang cukup besar sesuai dengan regulasi yang ada. Demikian pula garis tengah poros kemudi yang terdapat pada posisi celaga memiliki ukuran berkisar 9 derajat (228,6 mm).

Sarana-sarana yang telah ditetapkan oleh regulasi administrasi pemerintah hendaknya dilengkapi. Hal ini bertujuan untuk mempermudah saat pemberian aba-aba dari pusat (anjungan) kepada gear room.

jenis_kemudi_kapal

Jenis Kemudi Kapal

  • Kemudi biasa

Ini merupakan jenis kemudi yang seluruh daun-daun kemudinya terletak pada sisi belakang poros utama. Umumnya, jenis kemudi satu ini dipasangkan pada kapal-kapal yang berukuran kecil yang memiliki baling-baling tunggal. Kemudi biasa terbagi menjadi plat tunggal dan ganda.

Kemudi plat tunggal merupakan kemudi biasa yang tersusun atas plat ataupun lembaran plat tunggal. Sedangkan kemudi plat ganda merupakan kemudi yang tersusun atas plat ganda yang didalamnya terdapat adanya rongga.

  • Kemudi Berimbang (Balance)

Ini merupakan kemudi yang sebagian besar daun kemudinya terletak pada belakang poros putar dan sebagian kecil terletak di depan poros putar. Selain itu jenis kemudi berimbang terbagi menjadi dua yakni kemudi semi berimbang dan juga kemudi berimbang penuh.

Pada kemudi semi berimbang atau disebut juga dengan semi balance, bagian daun kemudi yang terletak pada depan poros putar berukuran transisi lebih kecil dari 20%.

Baca Juga : Mari Mengenal Awal Mula Terciptanya Kapal Selam

Sedangkan kemudi berimbang penuh atau disebut juga dengan full balance bagian daun kemudi yang terletak pada depan poros putar memiliki ukuran transisi berkisar antara 25% hingga 30%. Sedangkan sisa yang dimiliki berada pada sisi belakang poros putar.

Kemudi berimbang ini terdiri dari daun kemudi, poros bagian bawah, lengan kemudi, kokot atas, kopling kemudi, baut pengunci, kokot bawah. Kemudian, linggi kemudi, tumit, linggi baling-baling, poros kemudi, dan juga kwadran kemudi.

  • Kemudi Patent

Ini merupakan kemudi yang dibuat pada sebuah penelitian untuk kemudian dipatenkan. Penelitian tersebut dibuat berdasarkan pertimbangan yang matang agar memperoleh efisiensi kemudi yang jauh lebih besar.

Kemudi patent terbagi lagi menjadi enam klasifikasi, yakni kemudi oertz, star contra, simplex, active rudder, neistern serta contra guide.

Kemudi star contra merupakan kemudi yang memiliki baling-baling jenis star contra, yakni baling-baling berdaun tetap. Baling-baling tersebut dipasang pada tinggi kemudi pada kapal.

Dengan bentuk daun baling-baling yang didesain dengan sedemikian rupa, kemudi star contra mampu mengubah arah gerak pusaran air yang berada di belakang menjadi semakin besar dan lurus kebelakang, serta menjadikan kecepatan kapal bertambah.

Berita Lainnya