Tips & Trik

Mari Mengenal Ekonomi Maritim Indonesia

PUBLISHED DATE : 08 Desember 2021

15249131 S

Terwujudnya tol laut sangat membantu aktivitas perekonomian antar pulau. Bagi masyarakat yang tinggal di daerah terdepan, tertinggal ekonomi telah meningkat secara berkelanjutan. 

  • Kesejahteraan Pelaku Usaha 

Dalam perekonomian maritim pelaku usaha adalah nelayan, pembudidaya ikan serta masyarakat kelautan yang skalanya kecil. Semua pelaku usaha inilah yang akan mendapatkan kesejahteraan jauh lebih baik. 

  • Kelestarian Lingkungan yang Lebih Terpelihara

Manfaat lainnya adalah lingkungan kelautan jadi lebih terjaga dan terpelihara. Dampak baiknya adalah sumber daya kelautan akan terus bisa berkelanjutan. 

  • Laut menjadi Pemersatu Bangsa 

Sulitnya menjangkau daerah terdepan dan tertinggal kini tidaklah sulit dengan hadirnya tol laut dan banyak pelabuhan. Ekonomi yang meningkat dan tentu saja kedaulatan bangsa akan semakin kuat. 

Contoh Kegiatan Ekonomi Maritim 

Pada penerapannya, perekonomian maritim bukan hanya dalam bentuk kebijakan saja tetapi juga telah diterapkan secara nyata. Berikut ini beberapa contoh ekonomi maritim yang bisa dipelajari. 

  • Industri Pertahanan serta Keamanan 

Baca Juga : Kapal Roro: Sejarah, Jenis, dan Fungsinya

Demi menjaga kedaulatan negara dan melindungi kekayaan alam laut maka industri besi dan baja pun diciptakan. Industri ini sangat berkaitan dengan pertahanan dan keamanan negara demi menjaga semua aset maritim. 

  • Industri Pertambangan dan Energi 

Banyak sumber daya mineral Indonesia yang berada di wilayah perairan. Contohnya saja gas alam, minyak bumi, perak, pasir kuarsa, dll. Semuanya kini telah menjadi industri pertambangan dan energi. 

  • Industri Perikanan dan Bioteknologi

Industri ini memiliki nilai miliaran karena terhubung dengan industri lain seperti makanan dan minuman, obat-obatan, kosmetik, dll. Industri yang menjadi pemasok bahan baku sumber daya laut ini adalah jenis produk yang bisa langsung digunakan atau dikelola ulang. 

  • Industri Jalan Laut

Kebijakan tol laut merupakan contoh pembangunan jalan laut. Kelancaran distribusi pun dapat terjadi dengan dibangunnya tol laut. Semua daerah terpencil dapat terjangkau dengan harga logistik yang tidak terlalu tinggi. 

Ekonomi maritim yang dikelola dengan baik dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Semuanya membutuhkan peran dari berbagai pihak agar terlaksana dengan lancar. 

Jika dikelola dengan baik dan terus dikembangkan, maka Indonesia bisa menjadi negara yang maju dalam bidang maritim. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya