Tips & Trik

Mari Mengenal Ekonomi Maritim Indonesia

PUBLISHED DATE : 08 Desember 2021

15249131 S

5 Pilar Utama dalam Pembangunan Industri Maritim Indonesia

151360690_s

Demi berhasilnya kebijakan yang telah dicanangkan, industri maritim Indonesia mengacu pada lima pilar utama. Kelima pilar pembangunan tersebut adalah:

  • Pembangunan Budaya Maritim di Indonesia 

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar yang harus disadari oleh seluruh bangsanya. Kesadaran akan identitas bangsa yang memiliki kekayaan sumber daya alam laut lebih besar.. 

Oleh karena itulah pembangunan dalam bidang ini perlu terus dilakukan dan ditingkatkan demi kesejahteraan masa depan. 

  • Pengelolaan Sumber Daya Laut yang Lebih Terjaga 

Penerapan semua kebijakan ekonomi maritim tidaklah mudah, sehingga butuh kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat. Kerjasama yang baik dapat meningkatkan pangan kedaulatan laut. 

Baca Juga : Kapal Roro: Sejarah, Jenis, dan Fungsinya

Selain itu menghindari eksploitasi sumber daya laut sehingga pengembangan industri perikanan tetap aman. Salah satunya adalah dengan nelayan yang menjadi pilar utama. 

  • Memprioritaskan Pengembangan Infrastruktur dan Konektivitas

Pada pilar ketiga ini lebih mengacu pada pembangunan infrastruktur, contohnya adalah kebijakan pengembangan tol laut. Selain itu ada juga logistik, industri, bidang perkapalan serta pariwisata mairit. 

  • Pembangunan Diplomasi Maritim

Diplomasi maritim ini turut menjadi pilar yang penting demi menghilangkan konflik yang sering terjadi di wilayah laut. Misalnya saja pencurian ikan dari negara lain, perlombakan, pencemaran lingkungan laut, dll. 

  • Pembangunan Kekuatan dan Pertahanan Maritim

Selain diplomasi maritim, demi menjaga konflik maka Indonesia perlu membangun kekuatan serta pertahanan dalam bidang maritim. 

Manfaat Ekonomi Maritim bagi Indonesia 

Mengacu pada kelima pilar pembangunan serta kebijakan dalam perekonomian maritim, seperti apa manfaat yang dirasakan? Berikut ini beberapa manfaatnya. 

  • Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya