Komponen Sasis Mobil dan Cara Merawatnya agar Tetap Awet
23 Oktober 2025
Admin

Bagikan
Memanipulasi putaran pada output mesin adalah fungsi dari transmisi. Manipulasi itu bisa dirasakan saat dalam kondisi kendaraan memerlukan torsi besar dan kondisi yang memungkinkan mobil berkecepatan tinggi. Ketika Anda mengatur perpindahan gigi, maka transmisi akan digunakan.
4. Poros Propeller
Disebut juga shaft propeller. Bertugas sebagai penghubung antara putaran transmisi bagian depan mobil dengan axle di bagian belakang. Biasanya Poros propeller ada pada penggerak FR atau 4WD.
5. Rear Axle
Poros dengan bentuk batangan. Rear axle berfungsi untuk menghubungkan gardan dengan poros roda. Biasanya ada dua macam rear axle yaitu tipe rigid axle dan independent axle.
6. Universal Joint
Berfungsi untuk menghubungkan momen puntir dari sudut dengan arah dari manapun. Biasanya terletak di belakang transmisi dan depan gardan.
7. Pegas
Mampu meredam getaran ketika mobil berjalan. Pegas juga akan memberikan rasa ringan dan lembut ketika roda harus melewati lubang atau polisi tidur.
8. Shock Absorber
Disebut juga sebagai shock breaker. Berfungsi sebagai pencegah guncangan pada sistem suspensi.
Cara kerjanya adalah dengan menahan guncangan lewat mekanisme fluida. Sayangnya, shock absorber tidak mempunyai daya tahan terhadap tekanan.
9. Sistem Steering
Pengendali arah roda depan dan mengurangi gaya kemudi adalah fungsi dari sistem steering. ketika Anda memutar roda pengemudi, rasanya akan lebih ringan. Ada dua macam sistem steering yaitu tipe hidrolik dan tipe elektrik.
10. Stabilizer Bar
Baca Juga : Cara Mengembalikan Cat Mobil yang Kusam menjadi Kinclong
Ketika roda mobil terguncang karena melewati jalan berlubang atau polisi tidur, stabilizer bar akan menahan rolling. Ini memungkinkan rolling yang awalnya besar akan berkurang berkat stabilizer bar. Di dalam stabilizer bar terdapat link stabilizer dan swing bar,
11. Sistem Pengereman
Biasanya terdapat dua jenis rem, yaitu rem tromol dan cakram. Fungsinya untuk mengurangi kecepatan laju mobil.
Sistemnya menggunakan gaya gesek yang bisa diubah dari energi putaran roda menjadi energi panas.
12. Roda dan Ban
Fungsi roda untuk mengonversi putaran pada power train untuk menjalankan mobil. Sementara ban sebagai penyerap getaran ketika mobil berjalan. Juga mencegah selip.
Cara Merawat Sasis Mobil
Agar sasis mobil lebih awet, Anda perlu merawatnya dengan cara:
1. Melakukan Pembersihan secara Berkala
Kotoran yang menempel pada sasis bisa menyebabkan korosi jika tidak dibersihkan. Maka dari itu Anda harus mencuci bagian bawah mobil.
2. Memeriksa Lapisan Anti-karat
Apabila sasis sering terpapar air atau garam di jalan, maka akan rentan berkarat. Pastikan lapisan anti-karatnya baik atau jika perlu tambahkan lapisan ekstra. Apalagi jika Anda berada di pesisir atau hujan.