Tips & Trik

Kipas Radiator: Fungsi dan Penyebab Kerusakannya

PUBLISHED DATE : 26 Februari 2021

Kipas Radiator Mobil

Kecepatan putaran yang dihasilkan dari kipas tersebut juga sangat bergantung dengan kecepatan dari mesin yang berputar. Jika mesin berputar dengan kecepatan tinggi, maka kipas juga akan berputar lebih cepat.

Namun, jika mesin berputar dengan kecepatan yang rendah, maka kipas juga akan berputar lebih lambat. Kipas manual tipe ini secara umum dipasang di depan water pump. Gerakan kipas yang dihasilkan dari berputarnya poros engkol semacam ini dirasa menambah beban mesin.

Jika beban yang diterima oleh mesin bertambah, otomatis bahan bakar yang dibutuhkan juga akan semakin banyak. Selain itu, kipas tersebut juga akan menimbulkan bunyi saat bekerja. Karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, kipas menggunakan sebuah kopling.

  • Kipas yang Digerakkan dengan Motor Listrik

Tipe kipas pendingin kedua adalah yang digerakkan menggunakan motor listrik. Kipas semacam ini tidak lagi memanfaatkan putaran yang dihasilkan dari poros engkol sebagai penggerak kipas pendinginnya. Namun, kipas elektrik tersebut akan berputar ketika motor listrik dialiri arus listrik.

Motor listrik yang dipakai pada tipe kipas ini adalah DC, yaitu jenis arus yang searah. Elektrik fan tersebut menggunakan sebuah sensor yang bernama water temperature sensor (WTS). Sensor tersebut akan mendeteksi temperatur air yang ada pada mesin.

Baca Juga : Mobil Bergetar Saat RPM Rendah? Ternyata Ini Penyebabnya

Nah, apabila air sudah mencapai pada suhu yang telah ditetapkan, maka WTS akan mengirimkan laporan ke ECU. Selanjutnya, ECU akan mengirimkan sinyal tegangan pada relay fan. Oleh karena itu, status relay fan menjadi aktif dan motor listrik akan teraliri listrik.

Dalam kondisi semacam ini, motor listrik akan bekerja menggerakkan kipas pendingin. Pada dasarnya, banyak sekali keuntungan yang dimiliki oleh kipas radiator tipe elektrik ini, di antaranya adalah mesin tidak terlalu terbebani. Jadi, bahan bakar yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Penyebab Kipas Radiator Rusak

Perawatan yang dilakukan secara berkelanjutan merupakan salah satu cara agar kipas pendingin menjadi lebih awet.

Namun, dengan perawatan tersebut bukan berarti kipas tidak bisa mengalami kerusakan. Berikut beberapa penyebab yang dapat membuat kipas pendingin mengalami kerusakan.

  • Visco Kipas Rusak
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya