Tips & Trik

Kipas Radiator: Fungsi dan Penyebab Kerusakannya

PUBLISHED DATE : 26 Februari 2021

Kipas Radiator Mobil

Salah satu penyebab kipas pendingin rusak adalah karena visco pada kipas tersebut mengalami kerusakan. Visco fan merupakan sebuah kipas yang memanfaatkan oli sebagai pengatur kecepatannya.

Cara kerja visco fan sangat bergantung pada putaran yang dihasilkan mesin. Jika mesin berada pada suhu rendah, maka visco fan akan slip sehingga kipas berputar dengan lambat, begitupun sebaliknya. Nah, jika visco mengalami kerusakan, otomatis perputaran kipas menjadi tidak beraturan.

  • Fan Belt pada Kipas Terputus

Apabila fan belt pada kipas pendingin mesin mobil Anda terputus, dapat dipastikan bahwa kipas tidak akan bisa berputar. Namun, beberapa mobil sebenarnya juga ada yang sudah dilengkapi dengan power steering agar ketika fan belt terputus, kipas tetap berputar.

Jadi, kipas yang berhenti ketika fan beltnya terputus hanya terdapat pada kipas pendingin konvensional saja. Fungsi dari fan belt itu sendiri adalah sebagai penghubung antara mesin dan kipas, sehingga terjadi perputaran.

Putusnya fan belt bisa saja disebabkan oleh karet belt telah getas karena sudah lama dipakai atau juga bisa karena terkena cairan seperti oli atau minyak rem.

  • Kabel Konektor pada Kipas Terputus

Baca Juga : Tips Aman Mencuci Mesin Mobil

Penyebab rusaknya kipas pendingin yang lainnya adalah karena kabel konektor terputus. Kabel konektor yang terputus akan menyebabkan arus listrik terhenti, sehingga kipas tidak dapat berputar. Penyebab dari putusnya kabel konektor tersebut bisa dikarenakan soket rusak atau kabel terjepit.

Selain itu, kabel konektor juga bisa terputus karena digigit binatang. Mungkin juga dikarenakan usia kabel yang sudah lama dan usang. Untuk mencegah terputusnya kabel konektor tersebut, ada baiknya jika Anda rutin memeriksa keadaannya agar kipas pendingin dapat bekerja secara baik.

  • Sekring Kipas Pendingin Terputus

Sebab lain rusaknya kipas pendingin adalah karena terputusnya sekring. Sekring memiliki fungsi untuk mencegah masuknya arus listrik ke rangkaian, sehingga tidak terjadi kelebihan tegangan. Nah, jika sekring terputus dan arus listrik yang masuk tidak terkontrol, maka kipas akan rusak.

Jika suatu saat Anda mendapati kipas radiator dalam kondisi rusak, lebih baik segera dibawa ke bengkel resmi Suzuki terdekat agar segera mendapat perbaikan.

Setelah diperbaiki, rawat dengan baik agar kipas lebih awet dan mesin mobil dapat bekerja secara optimal.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya