Tips & Trik

Kinclong, Ini Cara Mengkilapkan Mesin Motor Dengan Praktis

PUBLISHED DATE : 25 September 2021

Suzuki Nex (1)

Gunakan amplas kasar jika terdapat banyak karat menempel, atau cukup amplas halus untuk membersihkan bagian yang sedikit kotor. 

Karat yang menempel di blok mesin bisa menjadi penyebab kerusakan mesin. Hal itu bisa dikarenakan reaksi air pada blok mesin dan hal-hal buruk lainnya. Untuk mengatasinya, maka satu-satunya cara adalah mengamplasnya hingga bersih kembali. 

cuci_ban_motor

Mencuci Motor Terlebih Dulu

Setelah di amplas, bersihkan mesin motor sekalian dengan motornya jika perlu. Tujuannya agar semua bagiannya bisa bersih. Untuk mendapat hasil bersih maksimal, cuci motor dan mesin motor dengan sabun cuci motor yang bagus.

Hati-hati saat mencuci bagian blok mesin. Usahakan sabun atau air tidak memasuki bagian-bagian dalam mesin.

Hal itu demi menjaga mesin tetap normal. Dengan mencuci blok mesin, kotoran dan kerak yang menempel bisa dihilangkan dengan cukup efektif meskipun butuh tindakan pembersihan selanjutnya. 

Menggunakan Cairan Metal Polish

Pembersihan lanjutan setelah mencuci mesin motor sangat bermacam-macam. Cara mengkilapkan mesin pada motor tersebut bisa dibantu dengan bahan-bahan yang mampu membersihkan kerak dan kotoran yang menempel, mulai dari bahan mahal hingga bahan yang terjangkau.

Baca Juga : Cara Mudah Tentukan Oktan Bensin yang Cocok untuk Motor Anda

Bahan yang paling umum digunakan untuk membersihkan bagian-bagian motor adalah cairan metal polish.

Metal polish merupakan cairan pembersih yang dijual di pasaran. Ada beberapa macam bentuk metal polish mulai bentuk cairan atau pasta. 

Agar lebih mengkilap sempurna, semua permukaan blok mesin harus dicuci dengan hati-hati. Sabun cuci tersebut dinilai bisa menghilangkan kerak yang membandel. Gosok dengan metal polish hingga mesin motor benar-benar mengkilap.

Menggunakan Larutan Asam Cuka

Cara mengkilapkan mesin motor selanjutnya bisa menggunakan larutan asam cuka. 

Larutan ini sanggup menghilangkan karat dan kerak yang menempel pada mesin motor dengan mudah. Hal ini karena perannya sebagai hasil oksidasi besi dengan oksigen. 

Pertama basahi area permukaan mesin yang berkerak tersebut dengan larutan asam cuka. Basahi dengan menggunakan sikat yang aman. Gosok dengan hati-hati agar tidak merusak permukaannya dan jangan sampai ada tetesan ke bodi motor. 

Menggunakan Bensin Atau Solar

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya