Tips & Trik

Kinclong, Ini Cara Mengkilapkan Mesin Motor Dengan Praktis

PUBLISHED DATE : 25 September 2021

Suzuki Nex (1)

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan bensin atau solar. Kedua bahan ini sanggup mengangkat kotoran di sela-sela mesin.

Namun harus hati-hati karena mudah terbakar. Jadi sifatnya yang membilas bisa sekalian membawa molekul bahan bakar bersama kotoran yang menempel.

Saat membersihkan bagian bawah mesin, siapkan bak penampung agar bensin atau solar tertampung di bak dan tidak keluar kemana-mana.

Lihatlah bagaimana oli yang keluar langsung berubah saat blok mesin dibuka. Jika oli dalam keadaan kehitaman maka tandanya berarti memang banyak kotoran di dalamnya.

Menggunakan Soda Api dan Batu Ijo

Tips selanjutnya adalah menggunakan bahan soda api dan batu ijo. Bahan-bahan ini bisa Anda temukan dengan mudah di toko material.

Gunakan bantuan penggosok yang kasar dan halus. Pertama-tama bersihkan blok mesin yang sudah dikeluarkan dari bodi motor. 

Kemudian gosok mesin dengan sabun dan penggosok pada permukaannya. Hilangkan kotoran, kerak, dan karat yang menempel.

Baca Juga : Benarkah Nyalakan Lampu Motor Siang Hari Bikin Aki Cepat Soak?

Jika sudah keringkan dahulu blok mesin tersebut. Setelah itu baru oleskan soda api dengan bantuan kuas secara merata pada permukaan blok mesin. 

Hati-hati agar tidak mengenai kulit, karena bahan-bahan ini sangat sensitif. Langkah selanjutnya tunggu hingga beberapa menit untuk mengetahui reaksi yang timbul. Kotoran dan kerak perlahan akan meluruh. Jika sudah, Anda bisa mencuci kembali blok mesin hingga bersih. 

Menggunakan Bahan Rumah Tangga

Bahan yang tidak disangka dan bisa mengkilapkan body motor dan blok mesin adalah cairan pembersih rumah tangga.

Bahan-bahan ini sangat terjangkau namun cukup efektif dalam menghilangkan berbagai kotoran yang menempel pada permukaan blok mesin motor.

Ada beberapa macam cairan rumah tangga yang bisa Anda gunakan, mulai dari sabun cuci piring, deterjen, dan cairan pembersih lantai atau keramik kamar mandi.

Caranya sangat mudah tapi membutuhkan ketelatenan, karena kandungan cairannya yang kurang keras untuk meluruhkan kotoran. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya