Tips & Trik

Ketahui Fungsi Evaporator AC Mobil, Jenis dan Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 13 April 2021

Cara Kerja Evaporator

Usahakan pula membersihkan bagian dari evaporator yang lain, mulai dari ventilasi AC mobil dan sejenisnya dengan bersih. Setelah itu, barulah bisa dikeringkan menggunakan lap bersih dan kering.

Pastikan bahwa semuanya telah dibersihkan dengan benar sebelum nantinya dipasang kembali. Lakukan pembersihan menggunakan kain bersih pada bagian lain secara menyeluruh.

Bila perlu, bersihkan pada bagian yang tidak terlihat ataupun sela-sela evaporator yang mungkin saja menimbulkan bau tidak sedap. Sirkulasi udara pun nantinya jadi lebih baik dan segar. 

  1. Pasang Kembali

Langkah terakhir dalam membersihkan evaporator AC adalah dengan memasangnya kembali pada tempat yang sama. Untuk mengeceknya apakah pemasangan sudah benar, maka bisa dengan cara menyalakan AC mobil. Jika sudah benar, maka udara dingin bisa tersalurkan ke dalam kendaraan.

Akibat Evaporator Tidak Dibersihkan 

Evaporator AC mobil memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang keadaan sirkulasi udara di dalam mobil. Apabila tidak pernah dibersihkan, maka debu dan kotoran akan menempel. Dengan begitu, ini akan membuatnya jadi bermasalah dan bisa menyebabkan kerusakan.

Ada beberapa gejala dan kendala yang bisa didapatkan apabila evaporator mengalami kerusakan. Pertama, sensor untuk temperatur suhu tidak stabil sehingga pipa AC akan diselimuti oleh es. Sedangkan hal lainnya yaitu sirkulasi udara pun jadi tidak lancar seperti sebelumnya. 

Baca Juga : Fungsi dan Mekanisme “Shift Lock” di Mobil Matik

Untuk menghindarinya, maka pastikan selalu membersihkannya secara rutin. Bila perlu, sewa jasa untuk melakukannya. Biasanya setiap kali mobil sudah berjalan lebih dari jarak 20.000 km haruslah mendapatkan perawatan yang tepat agar tidak mengalami permasalahan tertentu. 

Perawatan dan pengecekan yang rutin di bengkel resmi Suzuki bisa menghindarkannya dari berbagai permasalahan, mulai dari suhu terlalu panas, hingga tidak bisa menyalurkan udara dengan baik. Oleh karena itu, pastikan memperhatikannya lebih baik lagi. 

Namun, apabila sudah terlanjur mengalami kerusakan maka maka sebaiknya bawalah mobil ke bengkel resmi Suzuki terdekat yang akan memberikan pelayanan terbaiknya. Konsultasikan pula mengenai perawatan yang tepat dan bagaimana menghindari agar hal ini tidak terjadi lagi. 

Itulah ulasan lengkap mengenai fungsi, jenis, hingga cara kerja evaporator AC mobil yang perlu diketahui.

Tentunya sangat penting mempelajari elemen satu ini agar bisa mengatasi permasalahan yang mungkin terjadi terhadapnya. Pastikan pula selalu mengecek kondisinya secara rutin. 

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya