Tips & Trik

Ketahui Cara Pasang 1 Relay Lampu Motor

PUBLISHED DATE : 09 Mei 2023

Relay Motor

Langkah kedua setelah semua peralatan sudah tersedia adalah menyiapkan 1 relay lampu motor. Pilihlah relay yang berkualitas dan sesuai untuk jenis motor yang diberi relay. Terdapat dua jenis relay yang tersedia, yaitu relay yang berkaki empat dan berkaki lima. 

Umumnya, jenis relay yang kerap digunakan untuk motor adalah relay yang berkaki empat. Cara pasangnya adalah dua kaki relay digunakan sebagai koil dan dua kaki lainnya akan dihubungkan pada sumber arus listrik. 

  1. Memotong Kabel Lampu

Cara pasang 1 relay lampu motor yang berikutnya adalah harus memotong jalur kabel yang terhubung dengan lampu motor. Terdapat tiga jenis kabel pada motor yang harus dipotong, yaitu kabel HI, kabel round (GND), dan kabel LO. 

Potonglah ketiga kabel HI, GND, dan LO dengan super hati-hati. Satu hal yang harus diingat adalah, jangan sampai menyentuh kabel-kabel lain yang terangkai pada saat Anda melakukan pemotongan kabel. 

Untuk memudahkan Anda dalam mengenali ketiga kabel tersebut, semuanya merupakan kabel yang terhubung dengan bagian headlamp motor Anda. Dengan kata lain, carilah tiga kabel yang terhubung ke headlamp ketika akan memasang relay.

  1. Pemasangan Relay

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah memasangkan 1 relay lampu motor yang telah disiapkan sesuai dengan jalur kabel yang benar dan tepat. 

Pasanglah relay di bagian kabel yang posisinya terletak di sebelum saklar lampu jauh maupun lampu dekat. Dengan kata lain, relay untuk lampu motor tersebut dipasang di area kabel yang menghubungkan antara panel kiri dan panel kanan. 

Baca Juga : Tips Agar Motor Selalu Dalam Kondisi Prima

Lokasi pastinya adalah di terminal yang tidak digunakan di antara lampu dekat dan jauh. Setelah dipasang, pastikan kembali bagian kaki-kaki relay telah terpasang dengan benar. 

Yaitu untuk kaki nomor 30 harus dipasangkan ke bagian accu dan kaki nomor 87 dipasangkan dengan lampu. Sedangkan kaki relay dengan nomor 86 harus di pasang ke negatif atau bagian badan motor. 

Nantinya, pada saat mesin motor dinyalakan, maka arus listrik akan mengalir ke bagian terminal tersebut. Kemudian saat saklar dihidupkan, maka relay yang telah terpasang pun akan menjadi aktif. 

Penutup

Itulah beberapa informasi seputar relay yang perlu Anda ketahui mulai dari fungsi, alasan harus menggunakan relay dan cara pemasangannya. Intinya, komponen ini harus dicek dan dirawat secara berkala agar tidak muncul kerak atau di sekitar kotak relay

Apabila plat telah lemah, maka harus segera diganti dengan relay baru. Tidak perlu cemas atau bingung jika masih belum paham tentang cara yang aman untuk memasang relay pada lampu motor.

Anda bisa melakukan pemasangan 1 relay lampu motor dengan cara datang ke bengkel resmi Suzuki, baik dengan cara walk in langsung ke dealer, menghubungi hallo Suzuki, atau bisa juga dengan cara mengisi form booking service yang ada di website Suzuki

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya