Tips & Trik

Ketahui Cara Pasang 1 Relay Lampu Motor

PUBLISHED DATE : 09 Mei 2023

Relay Motor

Selain bisa menunda aliran listrik, 1 relay lampu motor juga bisa mengatur arus listrik yang terlalu tinggi akibat terhambatnya sumber listrik sehingga berhenti pada salah satu perangkat. 

  1. Kunci Pengaman

Relay juga bisa difungsikan sebagai pengaman pada kendaraan baik mobil maupun motor. Hebatnya lagi, komponen ini tidak berdampak pada aki kendaraan karena relay hanya bisa dioperasikan jika menggunakan listrik. 

  1. Menjalankan Fungsi Logika

1 relay lampu motor mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi, mulai dari sinyal yang rendah, bisa melakukan tindakan cepat, serta memiliki sensitivitas yang sedang. Secara keseluruhan, komponen ini mampu menjalankan aksi yang diperlukan ketika diberi perintah. 

Misalnya, ketika fitur lampu dinyalakan, maka kotak relay akan mengalirkan arus listrik yang terhubung dengan lampu sehingga bisa menghasilkan sinar lampu yang terang. 

  • Cara Memasang Relay Lampu Motor

Relay merupakan komponen yang hanya bisa difungsikan ketika ada arus listrik. Walau bisa dipasang sendiri, namun Anda harus ekstra hati-hati dan teliti saat proses pemasangan relay berlangsung. 

Pasalnya, komponen ini akan berhubungan langsung dengan kelistrikan motor. Berikut panduan pemasangan relay lampu motor yang perlu Anda cermati. 

  1. Menyiapkan Peralatan

Baca Juga : Panduan Praktis: Cek Oli Kompresor yang Efektif

Langkah awal sebelum memasang 1 relay lampu motor adalah harus menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan. Tujuannya adalah untuk memudahkan saat memasang komponen ini di motor milik Anda. 

Beberapa barang yang diperlukan untuk memasang relay diantaranya adalah soket, kabel, fasa dengan muatan 10-20 ampere, dan lain sebagainya. 

Pastikan bahwa semua peralatan tersebut benar-benar berkualitas agar tidak membawa pengaruh yang jelek pada kelistrikan motor Anda. Dengan menyiapkan semua peralatan tersebut, diharapkan proses pemasangan relay menjadi lebih efisien dan hemat waktu. 

Sebaliknya, jika tidak ada persiapan yang matang waktu yang dibutuhkan untuk memasang relay akan semakin lama. 

Bahkan, bisa jadi relay tidak terpasang dengan sempurna atau bahkan urung memasangnya karena harus mencari alat-alat yang dibutuhkan satu per satu.

  1. Menyiapkan Relay Berkualitas

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya