Tips & Trik

Ketahui Cara Over Kredit Motor, Beserta Pengertian, Prosedur dan Tipsnya

PUBLISHED DATE : 06 April 2023

22

 

  • Hindari Kredit Macet

 

Kredit macet adalah masalah yang sering terjadi dalam over kredit motor. Hal ini terjadi ketika pemilik kendaraan yang melakukan over kredit tidak mampu lagi membayar cicilan kreditnya, sehingga kendaraan tersebut disita oleh pihak leasing.

Untuk menghindari kredit macet, pastikan bahwa Anda memilih kendaraan yang memiliki riwayat pembayaran kredit yang baik. Pastikan juga kendaraan tersebut tidak ada masalah hukum seperti sedang digadaikan atau terlibat di sengketa hukum.

 

  • Periksa Kelengkapan Administrasi

 

Sebelum memutuskan untuk melakukan over kredit, pastikan bahwa dokumen administrasi kendaraan tersebut lengkap dan sah. Pastikan juga bahwa STNK dan BPKB kendaraan tersebut sudah atas nama pemilik yang sah dan masih berlaku.

 

  • Hitung Nilai Kreditnya

 

Baca Juga : Apa Penyebab Dinamo Starter Mobil Rusak?

Lalu, pastikan bahwa Anda telah menghitung nilai kreditnya dengan benar. Hitung jumlah uang muka yang harus Anda bayarkan, jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulan, serta bunga kredit yang harus Anda bayarkan dengan cermat.

 

  • Lakukan Cek Fisik Kendaraan

 

Selain memeriksa dokumen kendaraan, pastikan juga untuk memeriksa keadaan fisik kendaraan. Periksa bagian-bagian penting seperti mesin, transmisi, sistem kelistrikan, hingga sistem rem.

Pastikan bahwa kendaraan tersebut dalam kondisi yang baik dan layak pakai. Jangan sampai Anda membeli kendaraan yang rusak dan memerlukan biaya perbaikan yang besar.

Prosedur dan tips di atas sangat penting untuk diperhatikan untuk memastikan Anda terhindar dari penipuan atau praktik over kredit ilegal. Jadi, pastikan untuk mengikuti seluruh ketentuannya agar Anda terhindar dari masalah hukum.

Selain melakukan over kredit motor, melakukan kredit motor secara langsung ke dealer resmi adalah alternatif yang lebih aman. Agar tidak salah membeli, lakukan pembelian di dealer Suzuki terdekat dan lakukan prosedur test drive untuk memastikan motor yang Anda beli sudah sesuai.

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya