Tips & Trik

Kenali Lebih Dekat Apa Itu Dermaga dan Tipenya

PUBLISHED DATE : 30 Juni 2021

Dermaga Besar

Dermaga ini memiliki beberapa jenis. Hal ini dilihat berdasarkan fungsi atau kepentingan pembangunan dermaga tersebut. Apa saja jenis-jenis dermaga tersebut? Berikut adalah beberapa jenis dermaga yang perlu diketahui.

  • Dermaga Barang Umum

Dermaga umum ini menjadi dermaga yang digunakan untuk kepentingan umum. Contohnya adalah untuk tempat memindahkan barang-barang umum seperti general cargo ke atas kapal. Dengan begitu prosesnya lebih mudah dan cepat.

Contoh dermaga umum yang bisa kita ketahui adalah dermaga di pelabuhan Gilimanuk yang menghubungkan transportasi laut antara Jawa dan Bali. Dermaga ini dimanfaatkan untuk memindahkan penumpang dan muatan barang di pelabuhan tersebut.

  • Dermaga Kapal Ikan

Jenis yang kedua ini juga banyak dibangun. Dermaga jenis ini digunakan untuk tempat singgah, bersandar, dan memindahkan ikan-ikan yang berasal dari kapal ikan. Jadi dermaga kapal ikan khusus dibuat untuk aktivitas perikanan. 

  • Dermaga Curah

Dermaga ini digunakan untuk membongkar muatan barang curah. Barang curah tersebut biasanya dibawa dengan menggunakan ban yang berjalan (conveyor belt). Barang-barang curah tersebut merupakan barang pecah belah.

  • Dermaga Peti Kemas

Baca Juga : Yuk, Mengenal Rambu-rambu Lalu Lintas dan Artinya

Jenis dermaga yang satu ini digunakan untuk membongkar atau memindahkan muatan barang peti kemas. Pembongkaran atau pemindahan barang peti kemas tersebut biasanya dibantu oleh penggunaan crane.

  • Dermaga Marina

Jenis selanjutnya ada dermaga marina. Dermaga ini digunakan untuk tempat singgah dan bersandarnya kapal pesiar dan speed boat. Penggunaan dermaga satu ini banyak dimanfaatkan untuk kepentingan penting di area laut. 

  • Dermaga Khusus

Yang terakhir adalah dermaga khusus. Dermaga ini berguna untuk membongkar muatan barang-barang khusus. Beberapa barang yang termasuk barang khusus antara lain adalah bahan bakar minyak, bahan bakar gas, dan sebagainya. 

Tipe Dermaga

Setelah mengetahui jenis-jenis dermaga, kini ada tipe-tipe dermaga yang wajib untuk dikenali. Ada tiga macam tipe dermaga yang umum dikenali. Apa saja? Berikut adalah tipe-tipe dermaga yang perlu Anda ketahui.

  • Dermaga Quay Wall
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya