Tips & Trik

Kenali Fungsi Water Repellent Pada Mobil Saat Musim Hujan

PUBLISHED DATE : 28 April 2023

Water Repellant

Water repellent atau pelapis tahan air adalah suatu bahan yang dapat diaplikasikan pada permukaan kaca mobil untuk membantu mengusir air hujan. Sehingga kaca mobil tetap terang dan jelas saat Anda berkendara di musim hujan.

Bahan ini bekerja dengan cara membentuk lapisan tidak berpori pada permukaan kaca yang membuat air hujan sulit menempel dan lebih mudah mengalir jauh dari permukaan kaca.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pelapis tahan air ini biasanya merupakan campuran dari silikon, polimer, dan bahan kimia lain yang mampu menciptakan efek hidrofobik pada kaca mobil. Hidrofobik berarti permukaan tersebut enggan untuk bersentuhan dengan air.

Ketika air hujan jatuh ke permukaan kaca yang telah dilapisi oleh pelindung ini, air akan membentuk butiran-butiran kecil yang kemudian akan mengalir jauh dari kaca mobil, sehingga visibilitas berkendara Anda tetap terjaga.

Fungsi Water Repellent

Selain memberikan perlindungan terhadap air, pelapis tahan air ini juga memiliki manfaat lain yang perlu diketahui.

 

  • Meningkatkan Visibilitas saat Berkendara

 

Pelindung ini membantu menjaga kaca mobil tetap terang dan jelas saat hujan, bahkan dalam hujan deras sekalipun.

Dengan demikian, Anda dapat lebih mudah melihat kondisi jalan di depan, termasuk pengendara lain, pejalan kaki, dan rintangan yang mungkin ada.

Dengan visibilitas yang lebih baik, Anda memiliki waktu yang lebih banyak untuk memeriksa situasi dan merespons dengan tepat, sehingga mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan keselamatan di jalan raya.

 

  • Mengurangi Penggunaan Wiper

Baca Juga : Anti Ribet, Ini Cara Cek Biaya Balik Nama Mobil Online

 

Penggunaan wiper berlebihan dapat menyebabkan goresan pada kaca dan mengurangi masa pakai wiper. Selain itu, wiper yang terus-menerus digunakan juga akan mempengaruhi kinerja motor wiper dan komponen terkait pada mobil.

Dengan menggunakan pelapis tahan air, air hujan akan lebih mudah mengalir jauh dari kaca, sehingga penggunaan wiper dapat dikurangi dan perawatan menjadi lebih mudah.

 

  • Melindungi Kaca Mobil dari Kotoran

 

Water repellent memiliki sifat anti-kotoran yang membantu melindungi kaca mobil dari kotoran yang suka menempel, seperti debu, lumpur, dan serangga.

Kotoran akan sulit menempel pada permukaan kaca yang telah dilapisi oleh bahan ini, sehingga proses pembersihan menjadi lebih cepat dan efisien. Dalam jangka panjang, ini akan membantu menjaga kaca mobil Anda dalam kondisi prima.

 

  • Melindungi kaca dari sinar UV

 

Lapisan pengusir air ini juga melindungi kaca mobil dari pengaruh sinar ultraviolet yang dapat merusak struktur kaca dan mengakibatkan baret atau kekuningan.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Airbag Menyala

Indikator-Indikator Airbag Menyala

Airbag merupakan salah satu komponen pada mobil yang dapat mendukung keamanan ketika berkendara. Indikator airbag menyala jika terjadi terdapat hal-hal yang menjadi potensi bahaya....

selengkapnya