Tips & Trik

Apa Itu Dashboard Mobil? Ini Fungsi dan Bagiannya

PUBLISHED DATE : 07 Juni 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/sx4_cross.jpg

Dashboard mobil menjadi bagian wajib yang ada di semua kendaraan roda empat. Baik itu mobil SUV, MPV, pick up bahkan truk sekalipun. Desain dashboard pada mobil sangat bervariasi, tergantung dari jenis mobil dan kelasnya.

Beberapa dashboard bahkan ada yang menggunakan material kayu dan dicat mengkilap agar tampak mewah. Di dalam dashboard sendiri terdapat berbagai fitur yang sangat penting untuk berkendara dan meningkatkan kenyamanan penumpang. Apa saja itu? 

Mengenal Dashboard Mobil dan Fungsinya 

Dashboard mobil adalah salah satu bagian interior kabin yang biasanya terdapat pada bagian depan. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat berbagai panel indikator pada mobil. 

Baca Juga : Ini Dia Bagian Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya

Secara umum, dashboard mobil menjadi pemisah antara tempat duduk pengemudi dan juga bagian depan mobil. Dashboard juga memiliki peranan yang sangat penting dalam mobil, karena tanpanya performa mobil akan bermasalah. 

Jika sebuah mobil tidak memiliki dashboard, pengendara tentu akan merasa tidak nyaman. Di dalam dashboard terdapat banyak sekali komponen yang saling berhubungan dan mendukung satu sama lain. 

Setiap orang yang ingin belajar mengendarai mobil, harus mempelajari fungsi dari setiap komponen yang terdapat pada mobil. Supaya saat berkendara tidak bingung lagi untuk menggunakan setiap bagian dashboard dengan benar. 

Apa Saja Bagian Utama dari Dashboard Mobil? 

Baca Juga : Apa Itu Uji Emisi? Ketahui Ambang Batas dan Manfaatnya

Setelah mempelajari apa itu dashboard mobil dan fungsi utamanya, saatnya Anda untuk mempelajari apa saja bagian utama yang sering digunakan. Bagian ini sangat mudah dikenali karena ukurannya yang cukup besar dan sering digunakan. 

Berikut ini beberapa bagian dashboard mobil yang paling utama sekaligus fungsinya. 

    1. Laci Mobil

Bagian yang paling mudah dikenali adalah laci mobil karena letaknya berada di depan kursi penumpang di sebelah pengemudi. Fungsi utama dari laci mobil adalah untuk menyimpan berbagai barang penting. Hanya saja kebanyakan pengemudi justru tidak menggunakannya. 

Baca Juga : Manfaat Servis Berkala Mobil Bagi Mesin

Padahal ada banyak barang wajib yang penting untuk menunjang pengendara seperti senter, charger ponsel sampai kotak P3K atau buku manual kendaraan. Buku asuransi mobil juga sebaiknya disimpan pada laci mobil di dashboard agar mudah diakses. 

Namun Anda harus menghindari untuk menggunakan laci mobil sebagai tempat penyimpanan surat-surat berharga. Seperti surat-surat penting kendaraan bahkan BPKB mobil. Beberapa pengemudi bahkan masih lalai dalam hal ini. 

    2. Lampu Indikator pada Mobil

Ada lagi komponen penting yang harus diperhatikan bahkan dipelajari dengan detail yaitu lampu indikator pada mobil. Semua lampu indikator yang memperlihatkan kondisi mobil akan muncul pada bagian dashboard. 

Posisinya ada di depan pengemudi dan di balik setir mobil sehingga mudah untuk dilihat. Pengemudi harus memperhatikan semua indikator di dashboard mobil untuk tahu bagaimana kondisi mobil sebelum dan saat berkendara. 

Contohnya saja speedometer, kondisi tangki bensin, airbag, apakah pintu sudah terkunci, dan masih banyak lagi. Indikator ini seringkali bentuknya adalah ikon jadi pengemudi yang sedang belajar harus menghafalkannya. 

    3. Kunci Kontak

Pada bagian dashboard juga terdapat kunci kontak. Produsen mobil menempatkan kunci kontak pada dashboard tepatnya di bagian kanan bawah setir mobil. Anda tinggal memasukan kunci mobil untuk langsung menyalakan kendaraan. 

Ada juga yang cara menyalakannya dengan menekan tombol pada bagian dashboard. Semua tergantung dengan jenis mobil yang digunakan apakah keluaran baru atau lama. 

    4. Tuas Mobil

Semua mobil selalu memiliki tuas yang letaknya di sebelah kanan dan juga kiri setir. Letak tuas ini untuk mempermudah pengemudi untuk menyalakan beberapa fungsi kendaraan dengan cepat. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya