Tips & Trik

Kenali Fungsi Water Repellent Pada Mobil Saat Musim Hujan

PUBLISHED DATE : 28 April 2023

Water Repellant

Water repellent atau pelapis tahan air merupakan salah satu solusi yang bisa membantu Anda mengendarai mobil walaupun hari sedang hujan. Musim hujan sering kali membuat setiap orang kesulitan dalam berkendara. 

Selain membuat kondisi jalan menjadi licin dan berbahaya, hujan yang deras dapat mengurangi jarak pandang Anda. Sehingga, sulit untuk melihat jalan dengan jelas dan menghindari bahaya.

Namun, teknologi ini cukup efektif dalam menjaga kaca mobil tetap terang dan jelas. Artikel ini akan membahas pengertian dari pelapis tahan air ini, fungsi-fungsinya, serta bagaimana cara mengaplikasikannya pada mobil Anda agar lebih aman dan nyaman saat berkendara.

Apa itu Water Repellent untuk Mobil?

Water repellent atau pelapis tahan air adalah suatu bahan yang dapat diaplikasikan pada permukaan kaca mobil untuk membantu mengusir air hujan. Sehingga kaca mobil tetap terang dan jelas saat Anda berkendara di musim hujan.

Bahan ini bekerja dengan cara membentuk lapisan tidak berpori pada permukaan kaca yang membuat air hujan sulit menempel dan lebih mudah mengalir jauh dari permukaan kaca.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pelapis tahan air ini biasanya merupakan campuran dari silikon, polimer, dan bahan kimia lain yang mampu menciptakan efek hidrofobik pada kaca mobil. Hidrofobik berarti permukaan tersebut enggan untuk bersentuhan dengan air.

Ketika air hujan jatuh ke permukaan kaca yang telah dilapisi oleh pelindung ini, air akan membentuk butiran-butiran kecil yang kemudian akan mengalir jauh dari kaca mobil, sehingga visibilitas berkendara Anda tetap terjaga.

Fungsi Water Repellent

Selain memberikan perlindungan terhadap air, pelapis tahan air ini juga memiliki manfaat lain yang perlu diketahui.

 

  • Meningkatkan Visibilitas saat Berkendara

 

Pelindung ini membantu menjaga kaca mobil tetap terang dan jelas saat hujan, bahkan dalam hujan deras sekalipun.

Dengan demikian, Anda dapat lebih mudah melihat kondisi jalan di depan, termasuk pengendara lain, pejalan kaki, dan rintangan yang mungkin ada.

Dengan visibilitas yang lebih baik, Anda memiliki waktu yang lebih banyak untuk memeriksa situasi dan merespons dengan tepat, sehingga mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan keselamatan di jalan raya.

 

  • Mengurangi Penggunaan Wiper

 

Baca Juga : Hati-Hati! Ini Efek Tekanan Angin Ban Motor Terlalu Tinggi

Penggunaan wiper berlebihan dapat menyebabkan goresan pada kaca dan mengurangi masa pakai wiper. Selain itu, wiper yang terus-menerus digunakan juga akan mempengaruhi kinerja motor wiper dan komponen terkait pada mobil.

Dengan menggunakan pelapis tahan air, air hujan akan lebih mudah mengalir jauh dari kaca, sehingga penggunaan wiper dapat dikurangi dan perawatan menjadi lebih mudah.

 

  • Melindungi Kaca Mobil dari Kotoran

 

Water repellent memiliki sifat anti-kotoran yang membantu melindungi kaca mobil dari kotoran yang suka menempel, seperti debu, lumpur, dan serangga.

Kotoran akan sulit menempel pada permukaan kaca yang telah dilapisi oleh bahan ini, sehingga proses pembersihan menjadi lebih cepat dan efisien. Dalam jangka panjang, ini akan membantu menjaga kaca mobil Anda dalam kondisi prima.

 

  • Melindungi kaca dari sinar UV

 

Lapisan pengusir air ini juga melindungi kaca mobil dari pengaruh sinar ultraviolet yang dapat merusak struktur kaca dan mengakibatkan baret atau kekuningan.

Dengan melindungi kaca dari sinar UV, Anda akan menjaga kaca mobil Anda tetap jernih dan transparan untuk jangka waktu yang lebih lama.

 

  • Meningkatkan Keamanan dan Kenyamanan Anda

 

Pengemudi yang menggunakan pelapis ini akan merasa lebih aman dan nyaman saat berkendara di tengah hujan, karena visibilitas yang lebih baik dan pengurangan kebutuhan untuk menggunakan wiper secara terus-menerus.

Selain itu, air hujan yang mengalir jauh dari kaca mobil juga akan mengurangi kabut pada kaca yang bisa mengganggu visibilitas. Jadi, Anda bisa lebih fokus pada jalan.

Bagaimana Cara Memakai Water Repellent pada Mobil?

Untuk mengaplikasikan pelapis ini pada mobil, ikuti langkah-langkah berikut:

 

  • Pilih Produk Pelapis Tahan Air yang Tepat

 

Ada berbagai jenis produk yang tersedia di pasaran, mulai dari yang berbahan dasar silikon hingga yang berbahan dasar polimer.

Pilihlah produk pelapis tahan air yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Pastikan juga untuk memilih produk yang memiliki reputasi baik dan telah terbukti efektif.

 

  • Persiapan Sebelum Mengaplikasikan Pelapis Tahan Air

 

Sebelum mengaplikasikan, pastikan kondisi cuaca dan suhu lingkungan mendukung. Hindari mengaplikasikan water repellent pada cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin, karena dapat mempengaruhi hasil akhir dan efektivitas produk.

Selain itu, pastikan mobil Anda berada dalam keadaan kering dan tidak terkena sinar matahari langsung saat mengaplikasikannya.

 

  • Bersihkan Kaca Mobil

 

Sebelum mengaplikasikan, pastikan kaca mobil sudah bersih dari debu, kotoran, dan minyak. Gunakan pembersih kaca khusus yang tidak mengandung amonia untuk membersihkan setiap kaca mobil Anda.

Soalnya, amonia dapat merusak lapisan pelindung pada kaca dan mengurangi efektivitas dari pelapis pengusir air ini.

 

  • Keringkan Kaca Mobil

 

Setelah membersihkan kaca mobil, lap kaca mobil dengan kain mikrofiber atau kain yang tidak meninggalkan serat hingga kering sempurna.

Pastikan tidak ada air atau sisa pembersih kaca yang tertinggal pada permukaan kaca sebelum mengaplikasikan.

 

  • Aplikasikan Water Repellent

 

Gunakan aplikator yang disertakan dalam produk, oleskan pelapis ini secara merata pada kaca mobil dengan gerakan memutar. Pastikan Anda mengaplikasikan produk pada kaca depan, kaca samping, dan kaca belakang mobil untuk hasil yang optimal.

Baca Juga : Mengenal Suzuki Ertiga Hybrid Yang Irit BBM

 

  • Diamkan dan Biarkan Kering

 

Setelah mengaplikasikan, biarkan kering selama beberapa menit sesuai instruksi pada kemasan produk. Waktu pengeringan akan bervariasi tergantung pada kondisi cuaca dan suhu lingkungan.

 

  • Gosok Kaca Mobil

 

Lalu, gosok kaca mobil dengan kain mikrofiber atau kain yang tidak meninggalkan serat hingga lapisan ini benar-benar rata dan mengkilap. Usahakan untuk menggosok dengan tekanan yang merata agar hasilnya optimal.

 

  • Ulangi Pengaplikasian Jika Perlu

 

Jika Anda merasa lapisannya belum cukup tebal atau merata, Anda bisa mengulangi aplikasi beberapa kali. Namun, pastikan untuk selalu mengikuti instruksi pada kemasan produk agar tidak merusak kaca mobil atau mengurangi efektivitas pelapis ini.

 

  • Menggantikan Lapisan Pengusir Air

 

Lapisan ini akan mengalami penurunan efektivitas seiring waktu, terutama jika sering terkena paparan cuaca ekstrem atau sinar matahari yang terlalu kuat.

Untuk menjaga kinerjanya, Anda mungkin perlu menggantikan lapisan setiap beberapa bulan atau setahun sekali, tergantung pada frekuensi penggunaan mobil dan kondisi lingkungan.

Ikuti instruksi yang disertakan dengan produk pengusir air yang Anda gunakan untuk mengetahui kapan saatnya menggantikan lapisan.

Lapisan pengusir air ini adalah solusi efektif untuk menjaga visibilitas kaca mobil tetap terjaga saat musim hujan. Dengan menggunakan teknologi ini, Anda akan merasa lebih aman dan nyaman saat berkendara di tengah hujan.

Selain itu, pelapis ini juga membantu melindungi kaca mobil dari kotoran, sehingga lebih mudah dibersihkan. 

Jangan lupa untuk mengaplikasikan water repellent sesuai dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas agar hasilnya maksimal. Agar kendaraan Suzuki kesayangan selalu siap diajak berkegiatan kapan pun, termasuk musim hujan, lakukanlah servis berkala di bengkel resmi Suzuki.  Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Berita Lainnya

Suzuki New Xl7 Hybrid

Fitur Keselamatan New XL7 Hybrid

New XL7 Hybrid hadir dengan menawarkan berbagai keunggulan yang bisa menemani perjalanan Anda. Selain fitur kenyamanan, berbagai fitur keselamatan juga dimiliki oleh mobil keluaran...

selengkapnya