Tips & Trik

Kapal Roro: Sejarah, Jenis, dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 21 November 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/119068801_s.jpg

Desain kapal ini mengacu pada kapal jenis hybrid. Kapal ini mempunyai daya angkut 20.000 hingga 50.000 DWT (deadweight tons).

General Cargo + Ro-Ro Ship atau disebut dengan GenRo merupakan jenis kapal kargo dengan fasilitas Ro-Ro yang memiliki daya angkut 2.000 hingga 30.000 DWT.

Kapal ini didesain sebagai sebuah kapal pengangkut yang normal dan dilengkapi dengan fasilitas Ro-Ro.

Jenis lain kapal Ro-Ro adalah RoPax yang tidak hanya digunakan sebagai pengangkut mobil, namun juga memberikan fasilitas untuk kehidupan para pelayar.

Tidak hanya menampung penumpang dan kendaraan saja, kapal RoPax ini juga menampung peti kemas.

Complete Ro-Ro Ship adalah jenis kapal yang tidak mempunyai palka atau Hatchways. Kapal ini sering digunakan ketika melakukan penyeberangan di laut lepas. Daya angkut kapal Complete Ro-Ro Ship ini tidak sebesar ConRi Ship, yaitu hanya 2.000 hingga 40.000 WDT.

Fungsi Kapal Roll-on/Roll-off

Fungsi utama kapal jenis Ro-Ro di pelabuhan penyeberangan yaitu untuk pengangkutan, baik untuk mengangkut penumpang dan beragam moda darat.

Kapal ini dirancang untuk membawa kargo beroda seperti sepeda motor, mobil, truk, semi-trailer truk, trailer atau mobil kereta api. 

Ro-Ro di Indonesia menjadi salah satu jenis moda angkutan sungai, danau, dan penyeberangan selat.

Tidak hanya dilengkapi dengan pintu naik turun yang terhubung dengan dermaga, kapal ini juga dilengkapi dengan fasilitas jalan khusus untuk penumpang.

Kapal ini sering disebut dengan kapal pengangkut mobil. Tidak hanya berfungsi untuk kebutuhan sipil saja, namun juga berfungsi untuk kebutuhan militer bagian angkatan laut yang digunakan sebagai alat angkutan untuk barang yang berasal dari laut maupun darat.

Ro-Ro sering terlihat di Pelabuhan Merak Banten dan Bakauheni Lampung. Ro-Ro menjadi kapal angkutan pilihan yang populer untuk penyeberangan antar-pulau seperti antara Jawa dengan Sumatra, antara Jawa dengan Madura, maupun antara Jawa dengan Bali.

Itulah ulasan mengenai sejarah, jenis hingga fungsi kapal Roll-on/Roll-of dan apabila Anda membutuhkan informasi lengkap seputar kapal maka bisa mengunjungi  website marine Suzuki di sini.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya